Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, pada pekan ini masyarakat Kota Gudeg tengah merayakan Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta ke-266 melalui berbagai gelaran, bahkan termasuk melibatkan generasi penerus. Di mana selama dua hari, para pelajar hingga dalang cilik terlihat turun ke jalan untuk ikut dalam festival yang menyemarakan HUT kota yang mereka sayangi itu. Dengan yang paling menarik adalah ratusan dalang cilik terlihat seru memperlihatkan kemampuannya dengan wayang kulit di area Jalan Malioboro.

Kegiatan yang melibatkan generasi muda Jogja ini diawali dengan acara Malioboro Seribu Kelir yang digelar pada 4 Oktober 2022. Di mana acara ini menjadi bagian dari kegiatan Ruang Masyarakat Ketemu atau Rumaket yang diselenggarakan selama dua hari (4-5 Oktober 2022). Dengan hari pertamanya adalah aksi flashmob 100 dalang cilik di sejumlah titik di kawasan Malioboro. Berdasarkan penjelasan Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Yetti Martanti, seratus dalang cilik ini merupakan para pelajar yang memang memiliki hobi serta minat di profesi dalang.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakart a.jpg

“Setiap hari minggu kami punya kelas pelatihan dalang, jadi mayoritas dari mereka terlibat dalam Malioboro Seribu Kelir. Sisanya dari luar kota Yogyakarta dan ekstrakurikuker sekolah,” tuturnya, sebagaimana dikutip dari Warta.Jogjakota.go.id (4/10/2022). Selain itu, pada kegiatan ini ada juga 77 fotografer yang dilibatkan untuk mengabadikan momen Malioboro Seribu Kelir.

Kemudian pada 5 Oktober 2022, sejumlah sekolah di Kota Yogyakarta juga ikut dalam karnaval pelajar dalam rangka memeriahkan HUT ke-266 Jogja. Contohnya adalah dari para pelajar SMP Negeri 8 Kota Yogyakarta yang melibatkan ribuan orang yang berasal dari murid serta gurunya sampai para orangtua murid. Menariknya, mereka tampil dengan berbagai kostum yang turut menggambarkan kultur serta profesi di Jogja. Bahkan ada juga yang menggunakan kostum di tokoh perwayangan.

[Baca Juga: Rayakan HUT ke-264 di Tengah Pandemi, Ini yang Dilakukan Pemkot Yogya]

“Acaranya sangat bagus dan menjunjung tinggi budaya. Pastinya SMPN 8 di acara ini sangat keren. Menarik. Semoga Kota Yogyakarta lebih maju dan bagus. Budayanya lebih dijunjung lagi,” ungkap Siswi SMPN 8 Kota Yogyakarta Theresa Karida (5/10/2022).

Selain karnaval dengan kostum Jawa, ada juga sekolah yang menunjukkan kebolehannya, seperti SMP 1 Pangudi Luruh Yogyakarta. Karena dengan 744 murid serta 44 guru yang lengkap berpakaian Gagrap, mereka berjalan melewati jalan raya ke komplek Balai Kota Yogyakarta dan melanjutkannya dengan mempertunjukan Tarian Nyawiji. Melihat aksi para pelajar ini, Pemkot Yogyakarta turut memberikan apresiasinua.

“Apresiasi kepada SMP 1 Pangudi Luhur yang telah ikut serta memeriahkan HUT ke-266 Kota Yogyakarta dengan karnaval pelajar. Melalui kegiatan seperti ini tentu harapannya masyarakat secara menyeluruh bisa ikut merasakan semarak agenda tahunan ini," tambah Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Yogyakarta Kadri Renggono.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.