Pelaksanaan Coklit Untuk Pilkada Surakarta Dilakukan Juli Mendatang

Berita Kawasan

Pelaksanaan Coklit Untuk Pilkada Surakarta Dilakukan Juli Mendatang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memastikan untuk melakukan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada 15 Juni mendatang. Sejumlah daerah pun kembali mulai mempersiapkan pelaksanaan Pilkada serentak.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta Nurul Sutarti mengatakan tahapan pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) data daftar pemilihan tetap (DPT) untuk persiapan Pilkada 2020 untuk wilayah Solo akan dilakukan Juli mendatang.

"Bahan coklit DPT Kota Surakarta sebanyak 435.805 pemilih dijadwalkan dilaksanakan antara tanggal 6 hingga 25 Juli mendatang," kata Nurul, dilansir dari antaranews.com (8/6/2020).

Nurul mengatakan untuk pelaksanaannya, akan dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di setiap tempat pemungutan suara (TPS). Dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan rekrutmen PPDP .

"Kami dalam waktu dekat bakal ada rekrutmen PPDP bisa mengambil dari petugas Rukun Tetangga (RT)/Rukun Warga (RW) atau nama lainnya yang membantu Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam pemutakhiran data pemilih," katanya.

Pelaksanaan Mengikuti Protokol Kesehatan

Lebih lanjut Nurul mengatakan, berdasarkan hasil rapat kerja atau rapat dengar pendapat Komisi ll DPR RI, Kementerian Dalam Negeri, KPU, Bawaslu, dan DKPP pusat dalam rangka penerapan protokol kesehatan maka diperlukan penyesuaian kebutuhan barang dan anggaran. Penetapan jumlah pemilih juga diatur maksimal sebanyak 500 orang dalam satu TPS.

"Kami diminta untuk merencanakan anggaran dengan lebih tetap lagi untuk pelaksanaan pilkada sesuai dengan protokol kesehatan," kata Nurul.

Untuk pelaksanaannya, KPU Surakarta segera melaksanakan tahapan Pilkada setelah adanya Peraturan KPU (PKPU) Perubahan Tahapan dari KPU pusat. Pada tahapan pertama, KPU mengaktifkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan kemudian melantik PPS.

Setelahnya, verifikasi faktual syarat dukungan calon perseorangan dalam bentuk secara draf akan dimulai pada tanggal 24 Juni. Dalam tahapan itu akan dilakukan penyerahan data syarat dukungan dari KPU ke PPS. Lalu terkait jumlah TPS di Solo pada Pilkada 2020 diperkirakan menjadi 1.288 TPS dengan maksimal 500 pemilih pada tiap TPS

"Kami awalnya sebanyak 1.016 TPS. Akan tetapi, pelaksanaan sesuai dengan aturan protokol kesehatan COVID-19 ditambah menjadi 1.288 TPS," katanya.

Sebelumnya, KPU Kota Surakarta telah membahas penyesuaian anggaran tambahan terkait pelaksanaan Pilkada Serentak di tengah pandemi COVID-19. Pada anggaran awal Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta sebesar Rp15 miliar. Kemudian di tengah pandemi COVID-19 ada tambahan sekitar Rp10,1 miliar.

Menurut Nurul, selain tambahan jumlah TPS, juga pengadaan alat, seperti thermogun, tempat cuci tangan lengkap dengan sabun, dan masker.

"KPU dalam pelaksanaan pilkada harus sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19 dan prinsip-prinsip demokrasi sehingga kualitas pemilihan juga baik," kata Nurul.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.