Pelaku IKM Ikuti Kegiatan Membuat Desain Kemasan

Bisnis

Pelaku IKM Ikuti Kegiatan Membuat Desain Kemasan

Pelaku industri kecil menengah (IKM) di Indonesia makin banyak yang terjun ke dalam pasar online maupun offline. Terlebih lagi dengan memasuki pasar online, pelaku IKM semakin giat memperbaiki mutu atau kualitas produknya, hal ini berkenaan dengan daya saing antar pelaku IKM dalam memasarkan produknya melalui pasar online. Tantangan dalam pasar online semakin besar, pelaku IKM harus mengenal daya mutu produknya. Untuk hal itu, perlu adanya pelatihan demi meningkatkan kualitas produk mereka.

Pelaku IKM Ikuti Kegiatan Membuat Desain Kemasan

Baru-baru ini pelatihan untuk pelaku IKM diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta. Sebanyak 40 pelaku IKM mengikuti Pelatihan Pembuatan Desain Kemasan gelombang XII di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Tanah Abang 3, Kelurahan Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

[Baca Juga: Sambal Dowhere, Pilihan Praktis Sambal Ayam Geprek dalam Kemasan]

Pelatihan dalam membuat desain kemasan pada produk sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas produk para pelaku IKM di Jakarta. Mereka nantinya dapat memperbaharui desain kemasan yang lebih menarik. Tak hanya kemasan, logo serta merek jadi hal yang penting sebagai bentuk pemasaran produk mereka lewat online maupun offline.

Mengutip laman beritajakarta.id (4/07/2019). Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta, Ricki Marojahan Mulia mengatakan, dalam rangka peningkatan pertumbuhan ekonomi di Jakarta diperlukan adanya penciptaan nilai tambah produk. Salah satu cara yang perlu dilakukan yakni dengan perbaikan kemasan produk tersebut. "Selain berfungsi melindungi suatu produk, kemasan dapat juga menjadi media pemasaran yang efektif," ujarnya.

[Baca Juga: Pentingnya Desain dan Logo dalam Pengembangan IKM]

Suatu produk yang dikemas dengan cara yang menarik perhatian konsumen akan menjadi suatu nilai tambah sebuah produk yang akan dijual. Ricky berharap dengan adanya kegiatan ini, para pelaku IKM yang telah mengikuti pelatihan dapat menerapkan ilmunya dan memiliki kemasan produk yang baik, serta logo dan merek menarik.

"Kami menghadirkan instruktur yang berkompeten, baik secara teori maupun praktik. Saya ingin seluruh peserta bisa menyerap pengetahuan dan wawasan yang diberikan agar produk yang dihasilkan semakin diminati dan kegiatan usahanya terus berkembang,' tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.