Pelatihan Mengemudi SIM A di Jaksel Solusi Kurangi Pengangguran

Berita Kawasan

Pelatihan Mengemudi SIM A Kembali Diadakan di Jakarta Selatan

Para warga yang belum beruntung mendapatkan pekerjaan dengan layak berkesempatan mendapatkan pelatihan mengemudi SIM A yang telah diseleksi menjadi 300 orang yang dibagi menjadi enam angkatan. Kegiatan tersebut merupakan sebuah program pemerintah melalui Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Selatan (Sudin Nakertrans) yang bertujuan untuk mengurangi pengangguran di berbagai wilayah khususnya Jakarta Selatan. Sampai pada bulan November ini, pelatihan mengemudi SIM A telah berada di angkatan terakhir, yaitu angkatan 6. Sebanyak 60 peserta hadir mengikuti pelatihan ini di Ruang Ex Mama Terrace, Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Pelatihan Mengemudi SIM A di Jaksel Solusi Kurangi Pengangguran

Melansir laman selatan.jakarta.go.id (12/11/2019). Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Selatan Sudrajat menuturkan, kegiatan ini merupakan tahap keenam atau angkatan terakhir setelah pelatihan mengemudi SIM A angkatan pertama resmi digelar pada 15 April 2019 lalu. “Ini angkatan terakhir, yang keenam. Ada 60 peserta yang ikut pada pelatihan ini,” ujarnya saat membuka pelatihan.

[Baca Juga: PPSB Jakarta Barat Gelar Pelatihan Musik Keroncong untuk Pelajar]

Sudrajad juga menjelaskan, pelatihan tersebut merupakan perwujudan dari aspirasi masyarakat, yang bertujuan memberikan pembekalan kepada peserta untuk dapat meningkatkan keterampilan mengemudi, agar mudah mendapatkan pekerjaan. “Kami berharap, warga yang sudah mengikuti pelatihan ini nantinya bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih layak," tuturnya.

Sudrajad menambahkan, pelatihan tersebut digelar selama 12 hari dengan materi berkendara di hari pertama, kemudian 11 hari lainnya untuk praktik dan tes. "Pelatihannya selama 12 hari. Hari pertama materi berkendara dengan baik dan benar, hari berikutnya praktik lapangan, dan di hari terakhir nanti tes pembuatan SIM," imbuhnya.

[Baca Juga: Ratusan Anggota Majelis Taklim Pasar Minggu Ikut Pelatihan Manajemen]

Salah satu peserta pelatihan yang merupakan warga Kelurahan Cipete Utara, Andrian mengaku senang dapat terpilih dan berkesempatan mengikuti pelatihan mengemudi tersebut. Andrian juga mengatakan dirinya mendaftarkan diri dengan mekanisme pendaftaran administrasi melalui RT, RW dan diteruskan ke kelurahan. “Harapan saya kalau sudah dapat SIM A bisa aman mendaftarkan pekerjaan sebagai supir, atau mendapatkan pekerjaan yang lebih bagus melalui ketrampilan mengemudi ini,” tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.