Pelatihan Menjahit Gamis untuk Ibu-Ibu di Palmerah

Pendidikan

Pelatihan Menjahit Gamis untuk Ibu-Ibu di Palmerah

Menjahit selain menjadi hobi juga bisa menghasilkan uang. Dengan keahlian menjahit, seseorang bisa membuat berbagai macam jenis pakaian sebagai ladang usahanya. Menjahit harus dilatih sesering mungkin. Karena seseorang yang ingin terampil atau mahir dalam menjahit harus dipraktikkan setelah paham teorinya. Saat ini, pelatihan menjahit cukup banyak diminati, termasuk bagi warga Kecamatan Palmerah Jakarta Barat.

Para warga yang kebanyakan ibu-ibu rumah tangga mengikuti pelatihan menjahit. Melansir laman barat.jakarta.go.id (26/09/2019), Kepala Seksi Energi Sumber Daya Mineral Sudis Perindustrian dan Energi (PE) Jakbar Deny Listiantoro mengatakan, sebanyak 40 orang mengikuti pelatihan menjahit, yang banyak diikuti ibu rumah tangga yang tinggal di wilayah Kecamatan Palmerah.

[Baca Juga: Disdagin Kota Depok Gelar Pelatihan Menjahit di Lokasi P2WKSS]

Pelatihan menjadi yang diadakan di Aula lantai 4 Kantor Kecamatan Palmerah ini dilaksanakan selama empat hari dengan berbagai materi. Pada hari pertama, para peserta diberikan teori wirausaha dari pihak kampus serta, terkait modal usaha dari Bank DKI dan mengenai perizinan dari pelayanan terpadu satu pintu (PTSP).

Deny menambahkan, dalam kegiatan itu para peserta juga diajarkan berbagai teknik dasar menjahit seperti membuat pola dan memotong. Untuk diketahui, teknik dasar membuat atau menggambar pola adalah langkah awal untuk memudahkan ke langkah selanjutnya dalam menjahit.

Kegiatan menjahit yang diselenggarakan pemkot Jakbar pada setiap tahunnya mengangkat tema menjahit yang berbeda. Kali ini, Tahun 2019, pemkot Jakbar melalui PE mengangkat tema pembuatan baju tahun ini yaitu gamis perempuan.

[Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Pakaian]

Deny berharap, melalui pelatihan ini para peserta mempunyai keahlian sehingga dapat menambah perekonomian dan kesejahteraan keluarga. Selain ilmu yang mereka dapatkan setelah selesai mengikuti pelatihan sampai selesai, para peserta akan diberikan sertifikat. “Peserta akan mendapatkan sertifikat. Mereka akan menampilkan karyanya selama mengikuti pelatihan di hari terakhir,” katanya.

Sementara itu salah seorang warga Kelurahan Palmerah Marni mengaku bersyukur bisa ikut pelatihan menjahit. Nantinya bekal yang dimiliki akan terus dikembangkan. “Keahlian yang didapat akan terus saya asah. Setidaknya untuk diri sendiri dan keluarga. Syukur-syukur jadi mahir dan banyak yang menjahit ke saya,” tuturnya.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.