Pelatihan Musik dan Tari di RPTRA Kepulauan Seribu 1.jpg

Pendidikan

Pelatihan Musik dan Tari di RPTRA Kepulauan Seribu

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu mengadakan pelatihan tari dan musik di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) terpadu di Kepulauan Seribu. Sebagai tahap awal, pelatihan ini diadakan di RTPRA Pulau Tidung dengan peserta para siswa sekolah dasar dan berlangsung selama seminggu. Para peserta dilatih para mahasiswa seni Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

"Ini bertujuan untuk memperkenalkan tarian dan musik sejak usia dini dan untuk menyalurkan bakat dan membuat prestasi," ungkap Kepala Bagian Bimbingan Budaya I Gusti Ayu Suharyani seperti dikutip dari beritajakarta.id (28/2/2019).

Pelatihan Musik dan Tari di RPTRA Kepulauan Seribu

Setelah Pulau Tidung, kegiatan ini akan dilanjutkan ke Pulau Untung Jawa, Pulau Pramuka, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua dan Pulau Harapan. Setiap RPTRA memiliki antara 30-50 peserta yang dibagi ke dalam pelatihan tari dan musik tradisional Betawi. "Untuk ke depannya, mereka akan diikutkan dalam kompetisi di tingkat provinsi," Ayu menambahkan.

[Baca Juga: Menilik Pertanian Terpadu di Pulau Payung]

Sebelumnya, sebanyak 65 orang warga Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan juga mengikuti pelatihan seni yang di gelar Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudin Parbud) Kepulauan Seribu di RPTRA Tidung Ceria, Pulau Tidung.

Ayu dalam kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya memberikan pelatihan seni tari, marawis dan hadro kepada pelaku seni maupun pelajar yang ada di Pulau Tidung. "Peserta yang ikut 65 orang, mereka akan diberikan pelatihan selama satu minggu," ujar Ayu seperti dilansir dari pulauseribu.jakarta.go.id (25/02/2019).

[Baca Juga: Paduan Menarik Tari Tradisional dan Modern di Indonesia Menari]

Ia menambahkan, tujuan pelatihan ini untuk membentuk sanggar seni di setiap Pulau Permukiman agar ke depan pelaku seni ini yang akan mengajarkan pada generasi berikutnya.

Read More

Artikel Lainnya

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.

Pebisnis Louhan 1.jpg

Bisnis

Cerita Pebisnis Ikan Louhan, Berawal dari Hobi Hingga Untung Jutaan Rupiah

10 April 2021, 16:09

Memiliki keunikan tersendiri, ikan louhan diminati banyak orang. Ada yang menjadi hiasan di rumah, sampai menjadikannya peluang usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.