Pelatihan Seni Budaya di Jakarta Barat Resmi Dimulai

Pendidikan

Pelatihan Seni Budaya di Jakarta Barat Resmi Dimulai

Sejak bulan Februari 2020, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat melalui Suku Dinas (Sudin) Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Jakarta Barat telah membuka pendaftaran untuk pelatihan seni. Dengan target peserta adalah pelajar tingkat SMP, SMA, dan umum yang memang memiliki minta di dalam bidang seni batik, teater, dan tari. Di mana pada 2 Maret 2020 pelatihan tersebut resmi digelar.

Pelatihan Seni Budaya di Jakarta Barat Resmi Dimulai

Pelatihan seni budaya yang tidak dipungut biaya ini melibatkan sekitar 90 peserta yang berkumpul di Pusat Pelatihan Seni Budaya (PPSB) Jakarta Barat. Dengan peserta yang dibagi menjadi masing-masing seni budaya sekitar 30 orang yang hingga 13 Maret 2020 akan mendapatkan bekal mengenai batik, teater, serta tari di PPSB Jakarta Barat.

Dari sisi Pemkot Jakarta Barat, khususnya Sudin Parbud, memandang pelatihan ini merupakan salah satu cara agar kembali memunculkan minat di bidang seni budaya. Apalagi saat ini seni budaya bisa dikatakan semakin tergerus oleh zaman dengan kehadiran budaya populer yang lebih disukai oleh para generasi muda.

[Baca Juga: Pusat Pelatihan Seni Budaya Jakarta Barat Dibenahi Pemprov]

"Kita harapkan munculnya generasi-generasi muda yang aware terhadap seni budaya dan bukan hanya aware, kita harap juga mereka terampil," ujar Kepala Sudin Parbud Jakarta Barat Ahmad Syaropi kepada awak media di PPSB Jakarta Barat, Jalan Rama Raya No.1 , Komplek Persada Sayang, kelurahan Rawa Buaya, Jakarta Barat (2/3/2020).

Pelatihan Seni Budaya di Jakarta Barat Resmi Dimulai

Oleh karena itulah melalui pelatihan seni budaya ini, pihak Sudin Parbud Jakarta Barat ingin kembali membuat generasi muda setidaknya mau kembali melirik seni budaya tradisional. Ahmad mencontohkan salah satu yang dilatih dalam program selama 10 hari ini adalah seni teater.

"Saya kira kita harus mengakui perkembangan teater tidak sehebat perkembangan seni musik misalnya. Di musik banyak sekali grup-grup baru," sambungnya.

[Baca Juga: Pusat Batik & Seni Budaya Bekasi De'Bhagasasi Akan Segera Dibuka]

Dari keinginan inilah, maka dipilihlah tiga seni budaya yang menjadi fokus pelatihan. Ahmad menambahkan, para peserta selain berasal dari sekolah-sekolah dan masyarakat umum yang memang memiliki minat terhadap seni di Jakarta Barat, ada juga yang datang dari sanggar. Jika hasil dari pelatihan ini ada yang menunjukkan bakat serta konsisten terhadap pelatihan di PPSB Jakarta Barat, Ahmad tak menampik adanya kesempatan mereka bisa tampil di kegiatan kebudayaan lainnya.

"Pemerintah dengan anggaran terbatas, kita ada event, kita lihat mereka bagus, tentu kita tampilkan. Mereka layak untuk tampil di pameran? Kita pamerkan. Untuk yang masih belum layak, harus berlatih lagi tapi minimal (tercapainya) target pertama mereka aware, mereka peduli, dan punya keterampilan," pungkas Kasudin Parbud Jakarta Barat itu.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.