Pembinaan Dan Pengembangan Kapasitas SDM Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Timur

Berita Kawasan

Pelatihan Tertib Arsip di Jakarta Timur Diikuti 100 Peserta

Untuk lebih meningkatkan pelaksanaan tertib kearsipan di Jakarta Timur diperlukan prakarsa dan partisipasi SDM. Hal ini diperlukan peningkatan peran, kemampuan, dan perbaikan kinerja. Dilansir dari situs resmi timur.jakarta.go.id (14/08/19), Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Uus Kuswanto membuka acara Pembinaan dan Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Timur, di Ruang Aula Kantor Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Timur, Kelurahan Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Adapun tema acara tersebut yaitu Arsip Tertata, Mudah Menemukannya. Acara digelar selama dua hari pada 14-15 Agustus 2019. Pembinaan dan Pengembangan Kapasitas SDM Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Timur dihadiri oleh 100 peserta. Mereka adalah perwakilan dari Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD), Kelurahan dan Kecamatan di Lingkungan Kota Administrasi Jakarta Timur.

[Baca Juga: Pemkot Jaktim dan PT JIEP Kerjasama Majukan Wilayah Jakarta Timur]

Tujuan acara Pembinaan dan Pengembangan Kapasitas SDM kearsipan Kota Administrasi Jakarta Timur adalah, bentuk wujud Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Timur kita peduli kepada arsip yang dimiliki Pemerintah Kota Jakarta Timur.

Dalam kegiatan ini, Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur didampingi oleh Kepala Bidang Kearsipan Provinsi DKI Jakarta Jamhuri Androfa, Camat Jatinegara Asril Rizal, dan Lurah Rawa Bunga Agustina. “Arsip merupakan hal yang sangat penting, pada saat kita membutuhkan data dan informasi terkait kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan pada waktu yang lalu,” kata Wakil Wali Kota.

Ia berpesan agar para peserta acara bisa mengikuti kegiatan dengan baik karena telah dihadirkan narasumber dari Arsip Nasional. Menurutnya, acara ini penting agar para peserta mampu mengelola arsip dari para narasumber berpengalaman dan terpercaya. “Mudah-mudahan dengan kegiatan ini arsip yang berada di lingkungan Jakarta Timur tertata dengan baik dan mudah menemukannya,” pungkasnya.

[Baca Juga: Dukcapil Jakarta Terus Lakukan Optimalisasi Tertib Administrasi Kependudukan]

Sementara itu, Kepala Bidang Kearsipan Provinsi DKI Jakarta Jamhuri Androfa mengatakan, materi yang diberikan dalam acara Pembinaan dan Pengembangan Kapasitas SDM Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Timur adalah tentang sadar tertib arsip. “Selama ini orang beranggapan arsip itu tidak penting, tapi mulai hari ini kita niatkan bahwa arsip itu betapa pentingnya. Maka dari itu kita lakukan sosialisasi kepada seluruh SDMnya se Jakarta Timur, bahkan wilayah lain juga akan dilaksanakan hal yang serupa,agar mereka dan masyarakat menyadari betapa penting nya arsip,” terang Androfa.

Mengenai perihal di atas, menurut PingPoint.co.id, Otonomi Daerah memberikan keleluasaan bagi pemerintah kabupaten/kota dalam pelaksanaan tata kearsipan. Walaupun demikian pelaksanaan tata kearsipan di kabupaten/kota tetap harus mengacu pada standar yang telah dibakukan secara Nasional. Karena hal tersebut maka Wali Kota Jakarta Timur menyelenggarakan Pembinaan Dan Pengembangan Kapasitas SDM Kearsipan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.