Pembinaan Dan Pengembangan Kapasitas SDM Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Timur

Berita Kawasan

Pelatihan Tertib Arsip di Jakarta Timur Diikuti 100 Peserta

Untuk lebih meningkatkan pelaksanaan tertib kearsipan di Jakarta Timur diperlukan prakarsa dan partisipasi SDM. Hal ini diperlukan peningkatan peran, kemampuan, dan perbaikan kinerja. Dilansir dari situs resmi timur.jakarta.go.id (14/08/19), Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Uus Kuswanto membuka acara Pembinaan dan Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Timur, di Ruang Aula Kantor Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Timur, Kelurahan Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Adapun tema acara tersebut yaitu Arsip Tertata, Mudah Menemukannya. Acara digelar selama dua hari pada 14-15 Agustus 2019. Pembinaan dan Pengembangan Kapasitas SDM Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Timur dihadiri oleh 100 peserta. Mereka adalah perwakilan dari Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD), Kelurahan dan Kecamatan di Lingkungan Kota Administrasi Jakarta Timur.

[Baca Juga: Pemkot Jaktim dan PT JIEP Kerjasama Majukan Wilayah Jakarta Timur]

Tujuan acara Pembinaan dan Pengembangan Kapasitas SDM kearsipan Kota Administrasi Jakarta Timur adalah, bentuk wujud Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Timur kita peduli kepada arsip yang dimiliki Pemerintah Kota Jakarta Timur.

Dalam kegiatan ini, Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur didampingi oleh Kepala Bidang Kearsipan Provinsi DKI Jakarta Jamhuri Androfa, Camat Jatinegara Asril Rizal, dan Lurah Rawa Bunga Agustina. “Arsip merupakan hal yang sangat penting, pada saat kita membutuhkan data dan informasi terkait kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan pada waktu yang lalu,” kata Wakil Wali Kota.

Ia berpesan agar para peserta acara bisa mengikuti kegiatan dengan baik karena telah dihadirkan narasumber dari Arsip Nasional. Menurutnya, acara ini penting agar para peserta mampu mengelola arsip dari para narasumber berpengalaman dan terpercaya. “Mudah-mudahan dengan kegiatan ini arsip yang berada di lingkungan Jakarta Timur tertata dengan baik dan mudah menemukannya,” pungkasnya.

[Baca Juga: Dukcapil Jakarta Terus Lakukan Optimalisasi Tertib Administrasi Kependudukan]

Sementara itu, Kepala Bidang Kearsipan Provinsi DKI Jakarta Jamhuri Androfa mengatakan, materi yang diberikan dalam acara Pembinaan dan Pengembangan Kapasitas SDM Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Timur adalah tentang sadar tertib arsip. “Selama ini orang beranggapan arsip itu tidak penting, tapi mulai hari ini kita niatkan bahwa arsip itu betapa pentingnya. Maka dari itu kita lakukan sosialisasi kepada seluruh SDMnya se Jakarta Timur, bahkan wilayah lain juga akan dilaksanakan hal yang serupa,agar mereka dan masyarakat menyadari betapa penting nya arsip,” terang Androfa.

Mengenai perihal di atas, menurut PingPoint.co.id, Otonomi Daerah memberikan keleluasaan bagi pemerintah kabupaten/kota dalam pelaksanaan tata kearsipan. Walaupun demikian pelaksanaan tata kearsipan di kabupaten/kota tetap harus mengacu pada standar yang telah dibakukan secara Nasional. Karena hal tersebut maka Wali Kota Jakarta Timur menyelenggarakan Pembinaan Dan Pengembangan Kapasitas SDM Kearsipan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.