Pelatihan Wirausaha Kembali Digelar Pemkot Jakarta Selatan

Bisnis

Pelatihan Wirausaha Kembali Digelar Pemkot Jakarta Selatan

Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan dalam mengurangi jumlah pengangguran di wilayahnya masih terus berlanjut. Langkah ini dilakukan melalui program pembinaan dan penempatan tenaga kerja yang digelar Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Selatan. Salah satu pelatihan dari program ini adalah pelatihan wirausaha di mana yang baru-baru ini diadakan adalah mengenai produksi aneka kerupuk.

Pelatihan Wirausaha Kembali Digelar Pemkot Jakarta Selatan

Semenjak Februari 2019, program pembinaan dan penempatan tenaga kerja sudah digaungkan Pemkot Jaksel. Di antara program tersebut yang banyak menuai perhatian dari warga Jaksel adalah Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan Terpadu atau PKT. Biasanya, lokasi yang dipilih untuk pelatihan ini adalah Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang bisa menampung banyak para calon entrepreneur.

[Baca Juga: Pelaku IKM Ikuti Kegiatan Membuat Desain Kemasan]

Baru-baru ini pelatihan itu kembali digelar pada 8 Juli 2019 dengan fokus wirausaha di bidang aneka kerupuk berbahan singkong yang diadakan di RPTRA Anggrek, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Pada pelatihan ini, Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji turut hadir untuk melihat langsung proses PKT.

Isnawa menjelaskan, kegiatan PKT ini memang menjadi bagian usaha dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengatasi masalah pengangguran. “Di zaman yang semakin maju ini, kemampuan dan keterampilan berwirausaha sanga dibutuhkan masyarakat untuk dapat bersaing menjajakan produknya ke pasaran. Semoga dengan kegiatan ini dapat dihasilkan manfaat bagi masyarakat,” ucapnya, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (9/7/2019).

[Baca Juga: Sisca Soewitomo Beri Pelatihan Usaha Kuliner di RPTRA Dewi Shinta]

Untuk kegiatan PKT Bidang Aneka Kerupuk tersebut terdapat sekira 50 peserta yang ikut. Mereka semuanya berasal dari lima kecamatan di Jakarta Selatan, yaitu Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Pesanggrahan, Cilanda dan Jagakarsa. Banyaknya peserta yang antusias untuk ikut pelatihan ini disinyalir karena syarat yang mudah.

Syarat itu hanya terdiri dari fotokopi KTP atau KK Jakarta Selatan untuk orang-orang berusia 20-50 tahun dan selain itu diharapkan para peserta sudah memiliki lokasi usaha serta dorongan untuk terjun ke dunia wirausaha. Pada pelatihan PKT Bidang Aneka Kerupuk, mayoritas pesertanya adalah kaum Hawa. Mereka akan mengikuti kegiatan ini selama lima hari. Pelatihan kewirausahaan tersebut dibagi menjadi pembinaan teori selama dua hari dan tiga hari sisanya diisi dengan praktek pembuatan kerupuk.

Read More

Artikel Lainnya

Manners Dipandang Penting Dipupuk untuk Anak Sedini Mungkin.jpg

Pendidikan

Manners Dipandang Penting Dipupuk untuk Anak Sedini Mungkin

04 July 2020, 19:35

Menurut penulis Manners Matter No Matter What, manners merupakan aspek yang dipupuk sedini mungkin untuk buah hati dan ini dimulai dari rumah.

Chef Chitra Kreasikan Menu Fusion Barat dan Indonesia di Soul Cafe.jpg

Kuliner

Chef Chitra Kreasikan Menu Fusion Barat dan Indonesia di Soul Café

04 July 2020, 18:00

Terdapat makanan yang terbilang unik di dalam daftar menu Soul Café yang di mana merupakan hasil kreasi Chef Chitra demi menghadirkan menu sehat yang enak.

Soul Café Hadirkan Menu Sehat nan Nikmat ala Chef Chitra .jpg

Kuliner

Soul Café Hadirkan Menu Sehat nan Nikmat ala Chef Chitra

04 July 2020, 16:00

Chef Chitra belum lama ini menghadirkan kafenya yang berkonsep menu sehat di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Tanggung Jawab Sosial Apa dan Siapa yang Mesti Menjalaninya

Bisnis

Tanggung Jawab Sosial: Apa dan Siapa yang Mesti Menjalaninya?

04 July 2020, 10:00

Tanggung jawab sosial ternyata bukan hanya kewajiban yang mesti dijalankan oleh kelompok seperti instansi atau perusahaan. Akan tetapi, setiap individu juga harus menjalankannya.


Comments


Please Login to leave a comment.