Bahasa Isyarat_Talk Active.jpg

Berita Kawasan

Pelayanan Bahasa Isyarat di Dapat Dukungan di Kota Tangerang Selatan

Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan dalam menunjang kualitas kemajuan kotanya terus digiatkan, terutama dalam bidang pengembangan pelayanan di ruang publik. Sebagai representatif kota modern penunjang Ibu Kota, Kota Tangerang Selatan berupaya menggandeng berbagai pihak untuk mendukung pengembangan pelayanan di ruang publik yang inklusif bagi seluruh kalangan dan lapisan masyarakat.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah mewujudkan inisiatif Pemkot Tangerang Selatan mendukung pelayanan berbasis bahasa isyarat bagi teman tuli di pusat-pusat ruang publik di Kota Tangerang Selatan. Dukungan dan inisiatif tersebut diungkapkan Pemkot Tangerang Selatan, melalui Wali Kota Benyamin Davnie ketika menghadiri Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungi Indonesia atau Gerkatin, yang diselenggarakan di Aula Blandongan Puspemkot Kota Tangerang Selatan, Minggu, 17 Oktober 2021, kemarin.

[#R]

Dukungan tersebut muncul sesuai dengan program yang akan diangkat Gerkatin di Kota Tangerang Selatan. Menurutnya, kebijakan inklusif yang pro terhadap kaum disabilitas harus diakomodir di Kota Tangerang Selatan, terbaru yang akan dikembangkan adalah mewujudkan pelayanan berbasis isyarat untuk memudahkan akses komunikasi publik.

“Kami mendukung kesetaraan pelayanan dengan menyiapkan pelayanan dengan bahasa isyarat,” ujar Benyamin pada Minggu, 17 Oktober 2021.

Muscab Gerkatin 1.jpg

Dalam mendukung rencana tersebut, Pemkot Tangerang Selatan menggandeng berbagai pihak berbasis lembaga dan organisasi untuk memperlancar sinergi perwujudan program. Pemkot Tangerang Selatan menyadari akan pentingnya masukan-masukan berbasis ide-ide kebijakan dan strategi pengembangan program yang dihasilkan melalui diskusi-diskusi dan musyawarah berbagai pihak tersebut, terutama Gerkatin.

Oleh karenanya, Pemkot Tangerang Selatan berkomitmen memberikan fasilitas penuh terkait penyelenggaraan diskusi-diskusi atau musyawarah yang diadakan Gerkatin. Mengingat untuk mendorong kebijakan-kebijakan yang bisa disinergiskan bersama.

“Saya berharap dengan adannya musyawarah akan terjadi sinergitas atau komunikasi dengan pemerintah. Saya berharap melalui Muscab, organisasi Gerkatin ini akan terus melebarkan sayap dan semakin sukses juga maju untuk berperan serta secara aktif dalam setiap proses pembangunan di Tangerang Selatan,” lanjutnya.

Muscab Gerkatin 2.jpg

Sebagai organisasi penyandang disabilitas tuna rungu satu-satunya di Indonesia yang seluruhnya dikelola oleh penyandang disabilitas tuna rungu tersebut, saat ini tersebar di seluruh daerah, salah satunya Kota Tangerang Selatan. Gerkatin sendiri, dalam mewujudkan cita-citanya membutuhkan komitmen penyandang kebijakan, dalam hal ini Pemkot Tangerang Selatan untuk mengaktualisasikan ide-ide yang telah direncanakan melalui produksi berbagai kebijakan yang pro disabilitas.

Setelahnya, dukungan rencana mendorong kebijakan pelayanan disabilitas berbasis bahasa isyarat di pusat-pusat ruang publik yang dikeluarkan Pemkot Tangerang Selatan akan menjadi awal dari berbagai kerja sama yang positif dalam mewujudkan Kota Tangerang Selatan sebagai kota yang aman, nyaman, dan inklusif yang khas identitas representatif kota-kota modern dan maju lainnya.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.