Pelayanan BPJS Kesehatan Cikarang Tetap Berjalan di Tengah Pandemi

Kesehatan

Pelayanan BPJS Kesehatan Cikarang Tetap Berjalan di Tengah Pandemi

Di tengah pandemi COVID-19, pengurangan aktivitas dan pembatasan interaksi masyarakat dinilai menjadi salah satu upaya yang paling efektif untuk menekan angka penyebaran virus SARS-CoV-2 ini. Sehingga sejumlah tempat pelayanan publik pun terpaksa untuk melayani warga tanpa ada kontak fisik. Salah satunya kantor BPJS Kesehatan cabang Cikarang.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Cikarang, Ridho Nurfadli mengatakan bahwa bagi peserta yang ingin mengakses pelayanan, kini dapat mengakses tanpa harus datang ke kantor cabang.

Dengan adanya layanan BPJS Kesehatan seperti Mobile JKN, Care Center 1500 400, Chat Assistant JKN (CHIKA) serta Voice Interactive JKN (VIKA), peserta JKN dapat dengan mudah mengakses layanan kepesertaan dan tetap menjalani protokol pencegahan penyebaran virus corona.

DEPOK-KESEHATAN-19 RUMAH SAKIT DI DEPOK MASIH BEKERJASAMA DENGAN BPJS KESEHATAN-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

“Tidak ada beda dalam pelayanannya, hanya saja peserta saat ini tidak dapat untuk masuk ke dalam kecuali peserta dengan kategori tertentu misalnya ada peserta urgent yang membawa surat rawat inap dari fasilitas kesehatan, kami tetap melakukan pengurusan seperti biasanya. Jadi ketika kami melakukan pelayanan peserta dapat menunggu sebentar dan kami langsung mengurus keperluannya sesuai dengan form yang telah peserta isi,” ujar Ridho, seperti diberitakan bekasikab.go.id, Selasa (07/04/2020).

Dia juga mengarahkan agar lebih mudah, cepat, praktis, kapan dan di mana saja, peserta dapat menggunakan aplikasi Mobile JKN untuk mendapatkan pelayanan JKN-KIS yang dapat diakses melalui smartphone mereka masing-masing.

[Baca Juga: Kabar Gembira, Iuran BPJS Kesehatan Tak Jadi Naik!]

“Saat ini kami mengarahkan agar para peserta yang ingin melakukan pindah kelas atau pindah fasilitas kesehatan (faskes) untuk dapat menggunakan aplikasi Mobile JKN yang dapat di download di Playstore. Jadi peserta tidak perlu untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan. Melalui aplikasi Mobile JKN peserta tidak hanya dapat melakukan penurunan kelas, mereka juga dapat mengetahui aktif atau tidaknya kartu, perubahan data peserta, pengaduan keluhan, melakukan pembayaran, hingga mendapatkan sistem antrean online di faskes tingkat pertama maupun fakses tingkat lanjutan,” ujarnya.

Selain Mobile JKN, BPJS Kesehatan juga memiliki Chika (Chat Asistent JKN) dan Vika (Voice Interactive JKN) yang dapat memberikan pelayanan, namun bedanya Chika dapat di akses melalui WhatsApp melalui nomer 0811-8750-400, telegram (https://t.me/BPJSKes_bot) atau Facebook Massanger di BPJSKesehatanRI sedangkan Vika dapat diakses melalui call center dengan nomor 1500400.

[Baca Juga: Biaya Pasien Corona Tidak Ditanggung BPJS, tapi Anggaran Kemenkes]

“Dengan Chika, peserta cukup mengirimkan pesan singkat whatsApp, telegram, ataupun facebook messanger. Selanjutnya secara otomatis peserta bisa melakukan pengecekan status peserta, tagihan, lokasi kantor, fasilitas kesehatan, registrasi dan ubah data peserta yang akan dibalas oleh sistem,”tutupnya.

Sekadar info, pikokabsi.bekasikab.go.id mencatat hingga Rabu (8/4/2020) total keseluruhan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 1.293, sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 295 orang. Sementara jumlah positif COVID-19 sebanyak 34 orang dengan rincian 6 sembuh, 6 meninggal dan 22 masih dalam perawatan.

Read More

Artikel Lainnya

Film Ruwatan Berlenggang di Palm Spring International ShortFest 2020.jpg

Hobi dan Hiburan

Film Ruwatan Berlenggang di Palm Springs International ShortFest 2020

06 June 2020, 20:00

Film Pendek Indonesia Ruwatan berhasil lolos seleksi dalam Palm Springs International ShortFest 2020, festival film pendek tahunan yang diadakan di Palm Springs, California, Amerika Serikat.

Sering Dianggap Sepele, Cegukan Bisa Jadi Salah Satu Tanda Penyakit Ini .jpg

Kesehatan

Sering Dianggap Sepele, Cegukan Bisa Jadi Salah Satu Tanda Penyakit Ini

06 June 2020, 18:00

Cegukan memang kerap kali terjadi. namun Anda patut waspada, pasalnya bisa jadi cegukan mengindikasikan penyakit pada tubuh.

Fenomena PHK Belasan PRT Semarang Kala Pandemi COVID-19.jpg

Berita Kawasan

Fenomena PHK Belasan PRT Semarang Kala Pandemi COVID-19

06 June 2020, 17:00

Akibat pandemi COVID-19, belasan PRT yang tergabung dalam Serikat PRT Semarang mengalami PHK.

jenis-jenis sayuran ini baik untuk mpasi7 .jpg

Kesehatan

Menurut IDAI, Jenis-jenis Sayuran Ini Baik untuk MPASI

06 June 2020, 15:00

Beberapa orangtua cenderung memilih mengenalkan sayur terlebih dulu ketimbang buah-buahan kepada anaknya, lantaran rasa sayuran lebih hambar dibanding buah-buahan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 1 month, 3 weeks lalu
    hanna56

    Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder ! Caranya sangat mudah, hanya bergabung di poker165.co dengan TCoin Atau ikuti babak kualifikasi untuk memenangkan tiketnya 😎 Untuk info lebih lanjut kunjungi roadto1billion.com