Pelayanan SIM di Polres Metro Jakarta Timur Dibatasi

Berita Kawasan

Pelayanan SIM di Polres Metro Jakarta Timur Dibatasi

Setelah dibuka pada akhir pekan lalu setelah libur Lebaran, posko pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kantor Satlantas Polres Metro Jakarta Timur langsung diserbu masyarakat. Alhasill, terjadi antrean yang cukup panjang.

Akibat lonjakan yang tinggi itu, pihak kepolisian pun akhirnya membatasi pelayanan bagi masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan SIM. Jika biasanya pihak kepolisian dapat melayani sekitar 300 pemohon perpanjangan SIM per harinya, kini dibatasi hanya menjadi separuhnya yakni 150. Pembatasan kuota tersebut juga dilakukan untuk menerapkan kebijakan physical distancing di tengah pandemi COVID-19.

[Baca Juga: Polda Metro Jaya Bentuk Satgas Khusus Tangani Jenazah COVID-19]

Selain dibatasi kuotanya, layanan SIM yang telah dibuka sejak Sabtu, 30 Mei 2020 itu juga hanya beroperasi sampai siang hari, yakni Senin sampai dengan Jumat mulai pukul 08.00 hingga 13.00 WIB dan Sabtu mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

"Setiap satuan pelayanan kami berlakukan kuota harian disesuaikan dengan kapasitas ruang tunggu dan produksi. Kalau kemampuan produksi SIM-nya hanya 300 lembar, kami siapkan 150 SIM, supaya ada jaga jarak selama pemohon berada di ruangan pelayanan " kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Pelayanan SIM di Polres Metro Jakarta Timur Dibatasi

Pihak kepolisian juga menurunkan armada SIM keliling untuk mengurai antrean. Untuk di Jakarta Timur, sudah ada dua armada SIM Keliling yang diopreasikan. Kedua unit armada SIM tersebut terletak di TMII tepatnya di samping Masjid Agung At Tin.

“Ini (SIM Keliling) untuk mencegah antrean di Satpas SIM Kebon Nanas yang memang hari yang lalu itu antreannya cukup panjang. Dan hari ini pun, SIM keliling di Masjid At-Tin itu pemohonnya juga cukup padat," jelas Sambodo.

[Baca Juga: Denda Rp12 Milyar Menanti Bagi Pemalsu SIKM]

Sambodo mengimbau masyarakat agar tidak terburu-buru mengurus perpanjangan SIM. Sebab, Polri telah memberikan dispensasi hingga 30 Juni 2020 terhadap pemilik SIM yang masa berlakunya habis sejak tanggal 17 Maret. Sambodo juga menjamin tidak akan ada penilangan bagi masyarakat yang belum memperpanjang SIM hingga batas waktu dispensasi berakhir.

"Saya jamin bahwa, anggota kami di lapangan tidak akan melakukan penindakan atau menilang terhadap para pengendara yang masa berlaku SIM-nya habis sampai tanggal 30 Juni," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.