BOGOR_BISNIS_PELUANG BISNIS PARIWISATA DI KOTA HUJAN KIAN MENJANJIKAN

Bisnis

Peluang Bisnis Pariwisata di Kota Hujan Kian Menjanjikan (1)

Bogor tidak bisa lepas dari predikat kota wisata. Sebab, ada begitu banyak objek wisata di kota ini. Beberapa objek wisata di Bogor bahkan sudah jadi favorit dan selalu dipenuhi oleh wisatawan. Ini membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor termotivasi sehingga berupaya untuk terus meningkatkan sektor pariwisatanya. Dengan adanya upaya pemerintah daerah ini, peluang bisnis pariwisata di Kota hujan pun kian menjanjikan.

Salah satu upaya Pemkot Bogor dalam hal ini adalah menggelar Workshop Kepariwisataan bertema “Strategi Bersama dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan ke Kota Bogor”. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya. Dalam sambutannya, Bima Arya mengatakan kalau kota ini memiliki potensi pariwisata yang masih sangat mungkin untuk dikembangkan.

“Persaingan dunia global tidak hanya dalam bidang pariwisata, tetapi kepuasan wisatawan memiliki peran penting dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Bogor,” ungkap Bima Arya dalam kegiatan yang berlangsung di Hotel Onih, Jalan Paledang Bogor, Senin (27/8/2108) pagi tersebut.

[Baca Juga : 2 Coworking Space di Depok untuk Bisnis Startup]

Keesokan harinya atau pada 28 Agustus 2018, ketika menghadiri Gala Dinner The 6th International Conference of Jabodetabek Study Forum di Balai Kota Bogor, Bima Arya kembali menegaskan tentang potensi pariwisata Kota Bogor. Bahkan pada kesempatan ini, ia menjabarkan indikator dari potensi yang dimaksud.

Bima Arya bilang kalau arus orang masuk ke Bogor cukup menakjubkan. Dalam satu tahun atau sepanjang 2017 kemarin, ada lima lebih juta wisatawan masuk ke Kota Bogor. Setiap akhir pekannya, jumlah wisatawan bisa tembus 300-400 ribu orang. Sebanyak 50 persen di antaranya masuk ke Kebun Raya Bogor karena sebagian besar dari mereka datang menggunakan KRL Commuter Line, dan turun di Stasiun Bogor yang lokasinya memang tidak jauh dari Kebun Raya Bogor.

Di satu sisi, jumlah kunjungan wisatawan sebanyak itu merupakan hal yang positif. Tapi di sisi lain, lokasi kedatangan dan tujuan para wisatawan ini masih terpusat, yakni di kawasan Bogor Tengah atau tepatnya di Kebun Raya Bogor. Sebab itulah, Pemkot Bogor berkeinginan untuk melakukan pembangunan infrastruktur dan menambah fasilitas pariwisata di beberapa wilayah lain yang ada di Kota Bogor. Ini agar pembangunan dan peningkatan ekonomi dari sektor pariwisata bisa lebih merata.

Semua Wilayah Menjanjikan

Jika pembangunan infrastruktur dan fasilitas pariwisata sudah merata, tentu semua wilayah di Kota Bogor punya potensi yang sama. Di sini para pelaku usaha atau investor bisa berperan dan mengambil peluang bisnis yang ada. Caranya tentu dengan menghadirkan bisnis yang berhubungan dengan sektor pariwisata. Adapun bisnis atau usaha yang berkaitan dengan sektor ini antara lain:

1. Bisnis penginapan

Penginapan atau akomodasi bisa dibilang sebagai bisnis yang paling berhubungan dan menjanjikan di sektor pariwisata. Bagaimana tidak, setiap wisatawan pastinya membutuhkan tempat untuk beristirahat atau menjadi homebase saat mereka berlibur, atau ketika berkeliling ke objek-objek wisata yang ada di suatu daerah.

[Baca Juga : Potensi Bisnis Service Apartment]

Dalam hal ini, Anda tidak perlu berpikir besar dengan membangun hotel mewah berikut berbagai fasilitasnya. Sebab, bisnis itu membutuhkan modal yang sangat besar. Sebagai alternatif, untuk memenuhi kebutuhan akomodasi para pelancong yang datang ke berbagai objek wisata di Bogor ini, Anda bisa menghadirkan homestay atau penginapan sederhana lainnya. Sebab sekarang ini, wisatawan lebih suka fasilitas akomodasi yang simpel atau sederhana, serta bisa dinikmati dengan harga terjangkau. Tapi tetap, pelaku usaha harus memikirkan konsepnya agar menarik minat wisatawan.

Selanjutnya


Read More

Artikel Lainnya

UTBK di ITB Capai 23.705 Orang 3.jpg

Pendidikan

Sebanyak 23.705 Orang Ikuti UTBK di Institut Teknologi Bandung

15 April 2021, 09:00

Pelaksanaan UTBK di ITB terdapat di beberapa lokasi, yakni di Kampus ITB dan di sejumlah sekolah menengah

pusdai3.jpg

Berita Kawasan

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Menurun, Masjid Pusdai Bandung Gelar Salat Tarawih Berjamaah

15 April 2021, 08:30

Kota Bandung menunjukan grafik menurun, sehingga beberapa Masjid besar di Kota Bandung sudah diizinkan untuk melakukan salat tarawih berjamaah.

Vaksinasi UPi 3.jpg

Kesehatan

Universitas Pendidikan Indonesia Lakukan Vaksinasi untuk Ribuan Dosen dan Tenaga Kependidikan

15 April 2021, 08:00

Sebanyak 2.000 Dosen dan Tenaga Kependidikan melakukan vaksinasi di Gymnasium UPI pada 5-7 April kemarin. Vaksinasi kali ini mayoritas diperuntukan bagi dosen dan tenaga pendidikan UPI yang berusia di bawah 60 tahun.

Dekan Psikologi Undip

Pendidikan

Prof. Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Prodi Terfavorit UNDIP

14 April 2021, 06:30

Prodi paling Favorit yang banyak diminati calon mahasiswa pada SBMPTN tahun 2021 di Universitas Diponegoro adalah Prodi Psikologi. Prodi ini memiliki peminat mencapai 3.538 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.