BOGOR_BISNIS_PELUANG BISNIS PARIWISATA DI KOTA HUJAN KIAN MENJANJIKAN

Bisnis

Peluang Bisnis Pariwisata di Kota Hujan Kian Menjanjikan (2)

2. Bisnis Kuliner

Selain penginapan, wisatawan juga butuh makan. Oleh sebab itu, bisnis kuliner seperti restoran atau rumah makan juga jadi jenis usaha yang cukup menjanjikan di sektor pariwisata. Apalagi, Bogor juga terkenal memiliki berbagai objek wisata kuliner. Maka dengan menghadirkan rumah makan atau restoran, usaha tersebut akan menambah pilihan objek wisata di Bogor ini, khususnya dalam hal wisata kuliner.

Namun perlu diingat, dalam konteks pariwisata, pengusaha kuliner harus mampu menyuguhkan jenis makanan yang khas dari daerah tempat wisata tersebut. Ini karena banyak wisatawan yang datang ke sebuah daerah khusus untuk merasakan makanan khasnya.

3. Bisnis Penyewaan Kendaraan

Salah satu keluhan dari para wisatawan yang berlibur tanpa menggunakan jasa perusahaan atau biro perjalanan adalah transportasi. Sebab tidak dipungkiri, masih banyak daerah wisata yang belum mampu memberikan fasilitas transportasi memadai bagi wisatawannya. Di sinilah peluang besar bagi pengusaha. Bisnis sewa kendaraan pun sangat masuk akal di daerah yang memiliki banyak objek wisata seperti Bogor.

[Baca Juga : 5 Ide Usaha Favorit untuk Pengusaha Muda]

4. Bisnis Penjualan Suvenir atau Oleh-oleh

Suvenir atau oleh-oleh adalah benda khas yang didapat dari suatu daerah. Karena Bogor adalah kota wisata dan kaya akan budaya, maka akan ada banyak suvenir dan oleh-oleh yang bisa dibawa pulang oleh para wisatawan. Ini juga bisa jadi peluang yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha. Suvenir dan oleh-oleh ini bisa saja berupa kerajinan tangan, atau kudapan khas yang hanya ada di Kota Hujan.

5. Bisnis jasa penerjemah dan tour guide

Tidak setiap warga di daerah wisata bisa berbahasa asing, minimal bahasa Inggris. Padahal seharusnya, untuk memudahkan berkomunikasi dengan wisatawan mancanegara, mereka setidaknya bisa berbahasa Inggris dasar untuk percakapan sehari-hari. Sebab itulah, jasa penerjemah dibutuhkan oleh para wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia.

Di sinilah peran jasa penerjemah dibutuhkan. Jasa ini juga biasanya berkaitan dengan jasa tour guide, sehingga para turis bisa memuaskan rasa keingintahuannya akan berbagai objek wisata yang mereka kunjungi. Ini adalah peluang bisnis yang menggiurkan, mengingat jumlah wisatawan asing yang datang ke Bogor pun terbilang cukup banyak.

6. Bisnis Event Organizer

Tempat wisata seringkali tidak hanya menjadi tempat rekreasi semata. Sebab tak jarang, pengunjung datang bukan untuk berlibur, melainkan mengadakan sebuah acara atau kegiatan di dalam kawasan objek wisata tersebut. Kegiatan atau acara itu bisa berupa pertemuan bisnis, pernikahan, reuni, launching produk, dan lain sebagainya. Jadi, jasa event organizer pun sepertinya cukup dibutuhkan di sektor pariwisata ini, dan itu tentunya jadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan bagi para pelaku usaha.

[Baca Juga : Mau Usaha Jualan Buah Segar? Begini Caranya!]

7. Bisnis Travel Agent

Banyaknya penyedia jasa akomodasi, transportasi, penjaja kuliner, dan objek wisata di Bogor tentunya membuat bisnis travel agent cukup menjanjikan. Sebab selain bisa mendapat keuntungan murni dari pelanggan, pelaku usaha ini bisa meraih omzet dari komisi yang diberikan oleh setiap sektor bisnis tadi. Secara hitungan, Gaery Undarsa selaku Co-Founder and Chief Marketing Officer tiket.com mengatakan, komisi terbesar di dapat dari hotel, yaitu antara 17-25 persen. Kemudian, dilanjutkan komisi dari pesawat terbang sebesar 3-4 persen, dan komisi fixed dari kereta api sebesar Rp7.500 per transaksi.

Jadi, sudah tahu sektor usaha mana yang akan dijalankan untuk menyambut peluang bisnis industri wisata di Bogor?

Sebelumnya


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.