BOGOR_BISNIS_PELUANG BISNIS PARIWISATA DI KOTA HUJAN KIAN MENJANJIKAN

Bisnis

Peluang Bisnis Pariwisata di Kota Hujan Kian Menjanjikan (2)

2. Bisnis Kuliner

Selain penginapan, wisatawan juga butuh makan. Oleh sebab itu, bisnis kuliner seperti restoran atau rumah makan juga jadi jenis usaha yang cukup menjanjikan di sektor pariwisata. Apalagi, Bogor juga terkenal memiliki berbagai objek wisata kuliner. Maka dengan menghadirkan rumah makan atau restoran, usaha tersebut akan menambah pilihan objek wisata di Bogor ini, khususnya dalam hal wisata kuliner.

Namun perlu diingat, dalam konteks pariwisata, pengusaha kuliner harus mampu menyuguhkan jenis makanan yang khas dari daerah tempat wisata tersebut. Ini karena banyak wisatawan yang datang ke sebuah daerah khusus untuk merasakan makanan khasnya.

3. Bisnis Penyewaan Kendaraan

Salah satu keluhan dari para wisatawan yang berlibur tanpa menggunakan jasa perusahaan atau biro perjalanan adalah transportasi. Sebab tidak dipungkiri, masih banyak daerah wisata yang belum mampu memberikan fasilitas transportasi memadai bagi wisatawannya. Di sinilah peluang besar bagi pengusaha. Bisnis sewa kendaraan pun sangat masuk akal di daerah yang memiliki banyak objek wisata seperti Bogor.

[Baca Juga : 5 Ide Usaha Favorit untuk Pengusaha Muda]

4. Bisnis Penjualan Suvenir atau Oleh-oleh

Suvenir atau oleh-oleh adalah benda khas yang didapat dari suatu daerah. Karena Bogor adalah kota wisata dan kaya akan budaya, maka akan ada banyak suvenir dan oleh-oleh yang bisa dibawa pulang oleh para wisatawan. Ini juga bisa jadi peluang yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha. Suvenir dan oleh-oleh ini bisa saja berupa kerajinan tangan, atau kudapan khas yang hanya ada di Kota Hujan.

5. Bisnis jasa penerjemah dan tour guide

Tidak setiap warga di daerah wisata bisa berbahasa asing, minimal bahasa Inggris. Padahal seharusnya, untuk memudahkan berkomunikasi dengan wisatawan mancanegara, mereka setidaknya bisa berbahasa Inggris dasar untuk percakapan sehari-hari. Sebab itulah, jasa penerjemah dibutuhkan oleh para wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia.

Di sinilah peran jasa penerjemah dibutuhkan. Jasa ini juga biasanya berkaitan dengan jasa tour guide, sehingga para turis bisa memuaskan rasa keingintahuannya akan berbagai objek wisata yang mereka kunjungi. Ini adalah peluang bisnis yang menggiurkan, mengingat jumlah wisatawan asing yang datang ke Bogor pun terbilang cukup banyak.

6. Bisnis Event Organizer

Tempat wisata seringkali tidak hanya menjadi tempat rekreasi semata. Sebab tak jarang, pengunjung datang bukan untuk berlibur, melainkan mengadakan sebuah acara atau kegiatan di dalam kawasan objek wisata tersebut. Kegiatan atau acara itu bisa berupa pertemuan bisnis, pernikahan, reuni, launching produk, dan lain sebagainya. Jadi, jasa event organizer pun sepertinya cukup dibutuhkan di sektor pariwisata ini, dan itu tentunya jadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan bagi para pelaku usaha.

[Baca Juga : Mau Usaha Jualan Buah Segar? Begini Caranya!]

7. Bisnis Travel Agent

Banyaknya penyedia jasa akomodasi, transportasi, penjaja kuliner, dan objek wisata di Bogor tentunya membuat bisnis travel agent cukup menjanjikan. Sebab selain bisa mendapat keuntungan murni dari pelanggan, pelaku usaha ini bisa meraih omzet dari komisi yang diberikan oleh setiap sektor bisnis tadi. Secara hitungan, Gaery Undarsa selaku Co-Founder and Chief Marketing Officer tiket.com mengatakan, komisi terbesar di dapat dari hotel, yaitu antara 17-25 persen. Kemudian, dilanjutkan komisi dari pesawat terbang sebesar 3-4 persen, dan komisi fixed dari kereta api sebesar Rp7.500 per transaksi.

Jadi, sudah tahu sektor usaha mana yang akan dijalankan untuk menyambut peluang bisnis industri wisata di Bogor?

Sebelumnya

Read More

Artikel Lainnya

Puluhan RW di Kota Depok Ini Jadi Kampung Siaga Covid-19 2

Berita Kawasan

Puluhan RW di Kota Depok Ini Jadi Kampung Siaga COVID-19

04 April 2020, 12:00

Dalam upaya memberikan edukasi serta bersama-sama bergerak untuk cegah penyebaran Virus Corona, RW di Kelurahan Mekarsari menjadi Kampung Siaga COVID-19.

Cegah Covid-19, Sejumlah Kelurahan Jakarta Timur Terapkan Karantina Wilayah

Berita Kawasan

Cegah COVID-19, Sejumlah Kelurahan Jakarta Timur Terapkan Karantina Wilayah

04 April 2020, 11:00

Lima kelurahan di kawasan Jakarta Timur mengurangi akses keluar-masuk wilayahnya demi mencegah penyebaran COVID-19.

Kini Haruskah Pakai Masker Saat Keluar Rumah

Kesehatan

Kini, Haruskah Pakai Masker Saat Keluar Rumah?

04 April 2020, 10:00

Menteri Terawan pernah mengatakan masker hanya bagi yang sakit dan tenaga medis. Kini, ketika jumlah kasus makin tinggi, masihkah orang sehat diimbau tidak pakai masker?

Begini Skenario Pelaksanaan Listrik Gratis dari Pemerintah

Bisnis

Begini Skenario Pelaksanaan Listrik Gratis dari Pemerintah

04 April 2020, 10:00

Untuk periode April, Anda sudah bisa mendapatkan manfaat dari kebijakan presiden bagi pelanggan listrik 450 VA dan 900 VA.


Comments


Please Login to leave a comment.