MATRAMAN_BISNIS_PELUANG DAN TIPS BISNIS KOS KOSAN DI MATRAMAN_IVAN_REVISI 01-01.jpg

Bisnis

Peluang dan Tips Bisnis Kos-kosan di Matraman

Kawasan Jakarta Timur khususnya Matraman, bisa dikatakan daerah yang potensial untuk dijadikan tempat bisnis kos-kosan. Potensi ini bisa dilihat dari banyaknya perkantoran dan serta beberapa kampus seperti Universitas Jayabaya, UT Rawamangun, Kalbis Institut, dan beberapa perguruan tinggi lain di kawasan tersebut. Peluang bisnis itu bisa mengambil ceruk segmen pasar seperti mahasiswa yang mencari kos-kosan di sekitaran Matraman agar dekat dengan kampus. Maka itu, jika memiliki properti di kawasan tersebut, Anda bisa memanfaatkannya untuk mendulang keuntungan.

Dalam bisnis ini, perlu diketahui bahwa properti yang digunakan tidak mesti baru atau berjumlah kamar banyak. Sebab seperti kita tahu, Matraman sudah cukup padat sehingga cukup sulit untuk membuat bangunan baru yang khusus untuk kos-kosan. Terlebih, kos-kosan juga beda dengan kontrakan yang umumnya berbentuk hunian. Kos-kosan atau indekos lebih kepada tinggal di rumah orang lain dengan sistem sewa kamar.

[Baca Juga : Bisnis Sewa Ruang Kantor di BSD Serpong Makin Marak]

Jadi, pada bisnis ini Anda bisa menyewakan kamar yang tidak dipakai di rumah, atau beberapa kamar dalam satu rumah yang tidak Anda tempati. Dengan begitu, Anda pun akan punya beberapa sumber pemasukan dari satu unit rumah yang kamarnya dibuat kos-kosan.

Selain rumah, apartemen yang Anda miliki tapi tidak ditempati juga bisa dijadikan kos-kosan. Ini tentu akan menguntungkan karena hunian jangkung yang Anda punya jadi ada yang mengurus. Malah, Anda akan mendapat bayaran dari yang mengurus apartemen Anda itu, bukan membayarnya.

Di sisi lain, Matraman dan beberapa wilayah di sekitarnya memiliki banyak apartemen, dan itu dekat dengan kampus, pusat bisnis, bahkan perkantoran. Jika tidak punya rumah atau apartemen di Jakarta Timur khususnya Matraman, Anda bisa menyewa rumah yang cukup besar dan punya banyak kamar.

Sewa rumah bisa dengan pembayaran secara tahunan agar biaya yang dikeluarkan lebih sedikit. Kemudian, jadikan setiap kamarnya sebagai kos-kosan yang bisa disewa secara bulanan. Cara ini akan memberi keuntungan lebih pada Anda. Tapi ingat, jangan sembarangan pilih rumah yang akan disewa untuk dijadikan kos-kosan.

Dalam memilih rumah seperti yang dijelaskan di atas, Anda bisa memulainya dengan menentukan lokasi. Maksudnya, cari rumah yang lokasinya dekat daerah perkantoran, atau kampus seperti Universitas Jayabaya, UT Rawamangun, Kalbis Institut, dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Sebisa mungkin, kampus atau perkantoran itu dapat dicapai dari area kos-kosan hanya dengan berjalan kaki saja, sehingga dapat menghemat biaya transportasi para penyewa nantinya. Ini penting karena alasan banyak orang memilih kos-kosan sebagai tempat tinggal sementara adalah karena anggaran yang terbatas.

Tempat yang Bersih dan Harga yang Kompetitif

Selesai dengan urusan properti dan lokasinya, Anda yang ingin menjalankan bisnis kos-kosan juga harus memerhatikan kebersihan, kenyamanan, dan keamanan. Ini penting karena jadi bahan pertimbangan konsumen saat memilih kos-kosan. Hal-hal ini pun berkaitan dengan fasilitas pencahayaan, sirkulasi udara (AC dan ventilasi), serta air bersih.

Di sisi lain, Anda juga perlu melakukan seleksi terhadap calon konsumen dan membuat aturan untuk mereka, supaya keamanan dan kenyamanan para penghuni lebih terjamin. Bila memungkinkan, Anda bisa menempatkan satu asisten rumah tangga dan penanggungjawab keamanan pada kos-kosan yang dimiliki. Dengan demikian, penyewa pun akan betah karena mereka tinggal di tempat yang bersih, aman, dan nyaman.

[Baca Juga : Menilai Investasi Properti di Depok]

Hal di atas juga bisa jadi patokan Anda dalam menentukan harga kos-kosan nantinya. Sebab untuk mendapat untung dari bisnis tersebut, Anda juga harus memikirkan berbagai biaya seperti listrik, air, perawatan rumah dan lain sebagainya. Jangan sampai pendapatan yang didapat setiap bulan langsung habis untuk membayar bebagai keperluan tersebut. Maka itu, kalkulasikan dengan baik. Perimbangkan pula segala risiko yang mungkin terjadi pada properti Anda.

Jangan lupa juga cari tahu kisaran harga sewa kos-kosan di sekitar Anda. Dengan demikian, Anda bisa menentukan harga sewa dengan tepat. Pekerja atau mahasiswa dari Universitas Jayabaya, UT Rawamangun, Kalbis Institut, dan beberapa kampus lain di Jakarta Timur pun bisa jadi pasar potensial bagi usaha kos-kosan di Matraman yang Anda kelola atau miliki.

Read More

Artikel Lainnya

Sejumlah Peserta Ikut Aksi Global Climate Strikes

Berita Kawasan

Greta Thunberg Inspirasi Aksi Global Climate Strikes di Jakarta

20 September 2019, 18:00  |  0 Views

Aksi Global Climate Strikes yang digagas Greta Thunberg diikuti pula oleh sejumlah anak-anak muda di Indonesia. Siapakah dia?

Sony Indonesia Umumkan Juara Sony Eco Shopping Bag Contest

Bisnis

Sony Indonesia Umumkan Juara Sony Eco Shopping Bag Contest

20 September 2019, 17:00  |  9 Views

Sony Eco Shopping Bag Design Contest menjadi salah satu langkah untuk upaya memelihara lingkungan hidup. Seorang mahasiswa di Jakarta berhasil memenangkan kontes yang diadakan Sony Indonesia tersebut.

Bank DBS Indonesia Kembali Hadirkan SE Bootcamp 2019

Bisnis

Bank DBS Indonesia Kembali Hadirkan SE Bootcamp 2019

20 September 2019, 16:00  |  13 Views

Sebagaimana bentuk kepedulian DBS Foundation terhadap wirausaha sosial di Indonesia, SE Bootcamp kembali hadir.

Kabupaten Bekasi Resmikan Rawa Binong Sebagai Tempat Wisata

Berita Kawasan

Kabupaten Bekasi Resmikan Rawa Binong Sebagai Tempat Wisata

20 September 2019, 15:00  |  8 Views

Usai diresmikan Rawa Binong bahkan direncanakan menjadi pusat oleh-oleh dan cenderamata Kabupaten Bekasi. Sudah pernah ke sana?


Comments


Please Login to leave a comment.