Pemalsuan Produk Masih Jadi Masalah Serius Bagi Industri di Indonesia

Bisnis

Pemalsuan Produk Masih Jadi Masalah Serius Bagi Industri di Indonesia

Kasus pembajakan atau pemalsuan di Indonesia merupakan masalah yang belum usai dan bisa dikatakan sulit untuk dihilangkan. Kurangnya literasi mengenai kasus pembajakan dan pemalsuan di masyarakat membuat masih banyak pelaku dan pengguna barang-barang palsu di Indonesia.

Bahkan peredaran barang palsu masih meningkat dari tahun ke tahun. Produk yang dipalsukan pun beragam, mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga industri manufaktur dan konstruksi. Praktik pemalsuan produk menyebabkan kerugian yang besar bagi produsen, konsumen, merek dan juga negara.

PT Usaha Jaya Primatek (UJP) sebagai perusahaan trading, distributor alat-alat manufaktur, konstruksi dan pertambangan dari luar negeri seperti Inggris, Jerman, Itali, Korea, Australia, Jepang dan China juga jadi salah satu korban pemalsuan produk. Salah satu produk miliknya, yaitu Gasket produksi pabrikan Austria Klinger sering ditemukan versi palsunya.

Pemalsuan Produk Masih Jadi Masalah Serius Bagi Industri di Indonesia

Gasket Klinger adalah produk pelapis sambungan antara dua pipa yang berfungsi mencegah kebocoran. Produk ini biasa digunakan oleh pabrikan, industri pertambangan dan juga kendaraan bermotor. Kualitas produk pelapis sangat penting fungsinya untuk mencegah kerugian dan bahaya kerja.

“Praktik pemalsuan telah merugikan tak hanya produsen, karena hak atas intelektual telah dilanggar, namun juga konsumen sebagai pengguna akhir (end-user) tidak mendapatkan haknya atas keamanan dan kualitas produk yang seharusnya,” ujar Direktur Usaha Jaya Primatek (UJP) Tommy Halim.

[Baca Juga: 3 Cara Mudah Mengetahui Sneaker Asli atau Palsu]

Tommy melanjutkan, seringkali produk palsu sekilas mirip dengan barang yang asli. Namun kualitas, komponen, dan kinerja internal gagal memenuhi standar. Sehingga produk mudah rusak dan sering berakibat kerugian gagal produksi bahkan dapat mengakibatkan kecelakaan kerja.

Maka dari itu, untuk mencegah pemalsuan Gasket Klinger telah dilengkapi dengan hologram pada produknya dan juga sertifikat dari principal, tapi perkembangan teknologi juga telah memungkinkan dilakukan praktik pemalsuan.

[Baca Juga: Ini Dia Cara Bedakan Jam Tangan Palsu dan Asli]

Menurut Tomi, pemalsuan merupakan masalah yang dialami banyak industri khususnya di Indonesia. Masalah ini juga tidak dapat ditangani sendiri namun perlu kerjasama dengan para pemangku kepentingan yaitu masyarakat, konsumen, para penegak hukum dan pemerintah.

Berdasarkan rilis yang diterima PingPoint.co.id (4/12/2019), dari hasil survei yang dilakukan Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP), kerugian ekonomi nasional yang diakibatkan pemalsuan produk di Indonesia terus meningkat. Pada tahun 2005, kerugian ekonomi mencapai Rp.4,41 triliun dan angkanya meningkat tajam di tahun 2014 yang mencatatkan kerugian hingga Rp.65,1 triliun.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Natasya88 3 years, 1 month lalu
    Natasya88

    Halo guys Bagi yang ingin bermain game serta dapat penghasilan tambahan dengan bermodal min deposit 20K. Modal Pertama kurang beruntung? kami ganti dgn BONUS WELCOME CASHBACK 100% tanpa syarat Turnover Dan dapatkan bnyak pilihan bonus dari kami, dalam satu account bisa bermain banyak game hanya di dupa88,net proses pencairan dana cukup dengan waktu max3 menit hingga ratusan juta rupiah. Pelayanan tercepat & aman!, Cs kami siap melayani Anda 24 jam nonstop!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +855973465121 | Kode Referal : KELLY88 tunggu apalagi buktikan sekarang juga. . .