Pembangunan Alun-Alun, Wakil Wali Kota Bogor Pimpin Penertiban PKL

Berita Kawasan

Pembangunan Alun-Alun, Wakil Wali Kota Bogor Pimpin Penertiban PKL

Seperti yang diwartakan sebelumnya, para pertengahan tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengumumkan akan melakukan penataan dalam rangka pembangunan Alun-Alun Kota Hujan. Persiapan dalam memulai proyek ini pun telah dilakukan pada 2 Desember 2019 dengan melakukan penertiban terhadap para pedagang kaki lima (PKL) yang membuka lapaknya di kawasan Jalan Sartika. Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim langsung turun ke lapangan untuk memimpin proses penertiban PKL tersebut.

Bersama dengan petugas gabungan yang terdiri dari organisasi perangkat daerah, Polres Bogor Kota, Kodim 0607/Kota Bogor, Denpom III/1 Biogor, Dedi Rachim memantau proses penertiban terhadap sekitar 200 PKL. Pemkot Bogor disinyalir tidak semata-mata langsung melakukan penertiban terhadap ratusan pedagang tersebut. Pasalnya, sebelum dieksekusi, Pemkot Bogor sudah melakukan berbagai langkah agar para PKL mau menutup atau memindahkan lapaknya sebelum penertiban dilakukan.

[Baca Juga: Dua Kawasan Kota Bogor Ini Akan Alami Penataan]

“Kegiatan pada hari ini adalah rangkaian dari proses membangun Alun-Alun termasuk rencana kelanjutan Masjid Agung Bogor. Jadi kita laksanakan persiapan-persiapannya. Pertama kita melakukan komunikasi yang efektif dengan pedagang melalui ketua-ketua kelompok pedagang. Hingga akhirnya mencapai satu kesepakatan bahwa kelompok PKL ini kita relokasi di beberapa tempat,” ujar Wakil Wali Kota Bogor itu, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (2/12/2019).

Pembangunan Alun-Alun, Wakil Wali Kota Bogor Pimpin Penertiban PKL

Para PKL yang ditertibkan merupakan para pedagang alas kaki, pakaian, perkakas dan bunga. Namun pihak Pemkot Bogor tidak lepas tangan begitu saja usai penertiban ini. Mengingat Pihak Pemkot Bogor sudah memiliki lokasi relokasi untuk para PKL yang ditertibkan.

Disebut ada PKL yang dipindahkan ke Blok A dan B Pasar Kebon Kembang, Nyi Raja Permas, Pasar Merdeka, dan lainnya. Dedie menyebut, saat ini yang masih masuk dalam pertimbangan adalah terkait lokasi relokasi untuk pedagang bunga dengan pihak Pemkot Bogor yang berpikir untuk memindahkannya ke Jalan Binamarga atau mungkin ke lokasi lainnya.

[Baca Juga: Pasca-Penertiban PKL, Penghijauan di Jalan Semeru Bogor Dimulai]

Alhamdulillah ada momentumnya. Momentumnya adalah rencana pembangunan Alun-Alun Kota Bogor yang bantuan keuangannya diberikan oleh Pemprov Jabar dan akan dilaksanakan tahun anggaran 2020,” tutur Wakil Wali Kota Bogor itu.

Setelah proses penertiban ini rampung maka Pemkot Bogor akan melakukan pemulihan terhadap drainase di kawasan ini yang disebut sudah tertutup sampah selama puluhan tahun yang dilanjutkan dengan pembongkaran di semua trotoar. Lalu proses proyek revitalisasi Kebon Kembang, Taman Topi, dan Masjid Agung pun dimulai pada awal tahun 2020. “Jadi ini proses sambil menunggu kelanjutan pelelangannya,” tambah Dedie.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.