Pembangunan Alun-Alun, Wakil Wali Kota Bogor Pimpin Penertiban PKL

Berita Kawasan

Pembangunan Alun-Alun, Wakil Wali Kota Bogor Pimpin Penertiban PKL

Seperti yang diwartakan sebelumnya, para pertengahan tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengumumkan akan melakukan penataan dalam rangka pembangunan Alun-Alun Kota Hujan. Persiapan dalam memulai proyek ini pun telah dilakukan pada 2 Desember 2019 dengan melakukan penertiban terhadap para pedagang kaki lima (PKL) yang membuka lapaknya di kawasan Jalan Sartika. Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim langsung turun ke lapangan untuk memimpin proses penertiban PKL tersebut.

Bersama dengan petugas gabungan yang terdiri dari organisasi perangkat daerah, Polres Bogor Kota, Kodim 0607/Kota Bogor, Denpom III/1 Biogor, Dedi Rachim memantau proses penertiban terhadap sekitar 200 PKL. Pemkot Bogor disinyalir tidak semata-mata langsung melakukan penertiban terhadap ratusan pedagang tersebut. Pasalnya, sebelum dieksekusi, Pemkot Bogor sudah melakukan berbagai langkah agar para PKL mau menutup atau memindahkan lapaknya sebelum penertiban dilakukan.

[Baca Juga: Dua Kawasan Kota Bogor Ini Akan Alami Penataan]

“Kegiatan pada hari ini adalah rangkaian dari proses membangun Alun-Alun termasuk rencana kelanjutan Masjid Agung Bogor. Jadi kita laksanakan persiapan-persiapannya. Pertama kita melakukan komunikasi yang efektif dengan pedagang melalui ketua-ketua kelompok pedagang. Hingga akhirnya mencapai satu kesepakatan bahwa kelompok PKL ini kita relokasi di beberapa tempat,” ujar Wakil Wali Kota Bogor itu, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (2/12/2019).

Pembangunan Alun-Alun, Wakil Wali Kota Bogor Pimpin Penertiban PKL

Para PKL yang ditertibkan merupakan para pedagang alas kaki, pakaian, perkakas dan bunga. Namun pihak Pemkot Bogor tidak lepas tangan begitu saja usai penertiban ini. Mengingat Pihak Pemkot Bogor sudah memiliki lokasi relokasi untuk para PKL yang ditertibkan.

Disebut ada PKL yang dipindahkan ke Blok A dan B Pasar Kebon Kembang, Nyi Raja Permas, Pasar Merdeka, dan lainnya. Dedie menyebut, saat ini yang masih masuk dalam pertimbangan adalah terkait lokasi relokasi untuk pedagang bunga dengan pihak Pemkot Bogor yang berpikir untuk memindahkannya ke Jalan Binamarga atau mungkin ke lokasi lainnya.

[Baca Juga: Pasca-Penertiban PKL, Penghijauan di Jalan Semeru Bogor Dimulai]

Alhamdulillah ada momentumnya. Momentumnya adalah rencana pembangunan Alun-Alun Kota Bogor yang bantuan keuangannya diberikan oleh Pemprov Jabar dan akan dilaksanakan tahun anggaran 2020,” tutur Wakil Wali Kota Bogor itu.

Setelah proses penertiban ini rampung maka Pemkot Bogor akan melakukan pemulihan terhadap drainase di kawasan ini yang disebut sudah tertutup sampah selama puluhan tahun yang dilanjutkan dengan pembongkaran di semua trotoar. Lalu proses proyek revitalisasi Kebon Kembang, Taman Topi, dan Masjid Agung pun dimulai pada awal tahun 2020. “Jadi ini proses sambil menunggu kelanjutan pelelangannya,” tambah Dedie.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.