Pembangunan Depo Sampah Ramah Lingkungan di Kawasan Waduk Cincin.jpg

Berita Kawasan

Pembangunan Depo Sampah Ramah Lingkungan di Waduk Cincin

Pembangunan depo sampah ramah lingkungan di kawasan Waduk Cincin, Kelurahan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, saat ini prosesnya sudah memasuki tahap konsultasi perencanaan.

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Utara Slamet Riyadi mengatakan, pembangunan depo ramah lingkungan Waduk Cincin di atas lahan seluas 1.600 meter persegi ini diperkirakan akan menghabiskan anggaran sekitar Rp3 miliar.

"Sekarang sudah masuk konsultasi perencanaan sebelum proses lelang. Mudah-mudahan akhir tahun ini sudah terbangun," ujarnya seperti dikutip dari beritajakarta.id (27/2/2019).

[Baca Juga: TPA Cipayung Bakal Menerapkan Metode Sanitary Landfill]

Dijelaskan Slamet, sesuai dengan konsepnya ramah lingkungan, depo akan dilengkapi berbagai fasilitas seperti, instalasi pengolahan air limbah (IPAL), pengolahan sampah organik dan anorganik dan komposter.

"Konsepnya 3R (reuse, reduce, dan recycle). Jadi nanti, tidak semua sampah dibuang ke Bantar Gebang karena sudah dilakukan pemilahan," tandasnya.

Depo Sampah Ramah Lingkungan di Kali Sunter Koja

Sudah Beroperasi

Sementara itu, Depo sampah ramah lingkungan di Jalan Inspeksi Kali Sunter, RW 09, Rawa Badak Utara, Koja, Jakarta Utara yang dibangun dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina rampung dikerjakan dan resmi dioperasikan pada akhir tahun 2018.

Camat Koja Yusuf Madjid dalam kesempatan itu mengatakan, depo ini mampu menampung sampah dari 903 RT di enam kelurahan se-Kecamatan Koja sebelum dikirim ke Bantargebang. Setiap RT/RW nantinya diberikan jadwal waktu buang sampah untuk mencegah penumpukan.

"Dari warga, kita tentukan waktu buang sore hari sampai malam. Kemudian malam dan pagi diangkut ke Bantargebang," ujarnya di lokasi pada saat peresmian seperti dikutip dari sumber yang sama.

[Baca Juga: Kerajinan Koran Bekas Bisa Capai Omzet 15 Juta per Bulan]

Yusuf menuturkan, sebelum depo sampah di lokasi selesai dibangun, pihaknya telah menggencarkan sosialisasi mengenai jadwal buang sampah kepada warga. "Area lama nanti dijadikan lahan parkir. Depo yang baru ini sudah diserahterimakan oleh Pertamina. Sehingga mulai sore hari ini kita operasikan," tegasnya.

Di tempat yang sama, Operational Head Terminal BBM Jakarta PT Pertamina, Budi Prasojo menjelaskan, dari total lahan seluas 510 meter persegi di lokasi, sebagian di antaranya dibenahi menjadi depo sampah ramah lingkungan permanen seluas 17x15 meter.

"Kita sekaligus sediakan juga pipa pengolahan limbah agar tidak bau. Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi masyarakat," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.


Comments


Please Login to leave a comment.