Pemberlakuan PSBB, Petugas Tertibkan PKL di Sejumlah Titik Jakarta

Berita Kawasan

Pemberlakuan PSBB, Petugas Tertibkan PKL di Sejumlah Titik Jakarta

Guna mendorong efektivitas penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta, sejumlah petugas rutin melakukan patroli di tempat-tempat publik. Pada pagi ini misalnya (20/4/2020), puluhan petugas melakukan sterilisasi Pedagang Kaki Lima (PKL) penjual ikan hias di Matraman, Jakarta Timur.

Petugas yang berjumlah 60 orang ini berasal dari berbagai unsur, mulai dari Satpol PP Kecamatan Jatinegara, Matraman, Pulogadung dan tingkat kota. Ada pula unsur dari Polsek Jatinegara, Koramil Jatinegara dan Sudin Perhubungan.

Pemberlakuan PSBB, Petugas Tertibkan PKL di Sejumlah Titik Jakarta

"Kondisi saat ini sudah steril, karena sejak pukul 04.00 mereka sudah kita imbau agar tidak berjualan untuk sementara waktu. Ternyata mereka membuka usaha mulai pukul 02.00 hingga 03.00 pagi. Kita akan jaga ketat sampai malam," tegas Kasatpol PP Jakarta Timur Budi Novian dilansir dari beritajakarta.id (20/4/2020).

Budi mengatakan bahwa akan dilakukan penjagaan sebanyak tiga shift setiap harinya. Setiap sesi akan dijaga oleh 20 anggota Satpol PP tingkat kota dan kecamatan.

"Kami terus imbau dan sosialisasikan agar selama pemberlakuan PSBB, pedagang mematuhinya. Tidak berjualan sementara karena ini untuk kepentingan dan keselamatan bersama," tutup Budi.

Sosialisasi

Sebelumnya, Satpol PP Jakarta Timur juga telah mengerahkan 50 personelnya untuk menghalau PKL di Jalan Matraman, Jakarta Timur pada Minggu (19/4/2020). Meski telah berulang kali dirazia, tapi pada PKL tetap berjualan di masa PSBB.

"Kami kerahkan 50 personel sekaligus menyosialisasikan Pergub PSBB agar para PKL tidak kembali berjualan di atas trotoar, apalagi saat ini sedang diterapkan PSBB," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Budi juga menyampaikan bahwa pihaknya memilih cara persuasif. Pihaknya mengedukasi masyarakat agar mematuhi penerapan PSBB.

[Baca Juga: Pemerintah Tetapkan PSBB, Ini Bansos Bagi Warga Terdampak Covid-19]

Sementara itu, pada hari minggu kemarin juga diberlakukan pembubaran kerumunan PKL di depan Pasar Cipulir, Jakarta Selatan (19/4/2020). Kepala Satpol PP Jakarta Selatan, Ujang Hermawan mengatakan pihaknya mengerahkan 35 personel untuk membubarkan kerumunan PKL.

"Pasar Cipulir sebenarnya sudah ditutup selama PSBB. Para pedagang yang ditertibkan ini memang tidak memiliki kios di pasar," kata Ujang, dilansir dari beritajakarta.id.

Pihaknya juga melakukan sosialisasi aturan PSBB. Diantaranya dengan mengajak masyarakat mengenakan masker ketika keluar rumah dan memberlakukan jaga jarak aman minimal dua meter.

"Harapannya, para pedagang memahami kondisi saat ini. Kita minta mereka tidak berjualan sementara di tengah pandemi COVID-19. Kebijakan ini dalam rangka menyelamatkan masyarakat," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.