Satpas Kabupaten Bekasi Kini Berbasis FIFO Integrated System

Berita Kawasan

Pembuatan Dokumen di Kabupaten Bekasi Kini dengan Sistem FIFO

Majunya teknologi membuat semua hal menjadi lebih mudah dan praktis. Mulai dari transportasi, keuangan, kebutuhan belanja, atau makanan sekalipun bisa didapatkan dengan mudah berkat majunya teknologi. Memanfaatkan hal ini, pemerintah Kabupaten Bekasi kini memiliki pelayanan modern yang berbasis teknologi.

Perlu diketahui, Kabupaten Bekasi kini sudah membuka kantor pelayanan Satuan Penyelenggaraan Administrasi (Satpas) yang bertempat di Komplek Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat. Gedung tersebut dibangun di atas tanah, seluas 8.300 meter persegi. Peresmian gedung Satpas ini juga dibarengi dengan pembukaan gerai SIM (Surat Izin Mengemudi) yang menerapkan sistem layanan antrean terintegrasi, First in First out (FIFO) Integrated System untuk melayani pemohon SIM.

[Baca Juga: Sosialisasi Jak Lingko, Layanan Transportasi Terintegrasi]

Kepala Korlantas Polri Irjen Refdi Andri menyebutkan, kantor pelayanan baru ini menjadi yang pertama dan percontohan di Indonesia, karena pelayanan SIM di kantor Satpas ini dilakukan secara transparan dan cepat untuk warga di Kabupaten Bekasi.

“Ini menjadi percontohan, di Indonesia, FIFO Integrated System atau sistem antrean first in first out terintergrasi yang dapat menunjang Satpas dalam melayani masyarakat. Serta, pelayanan SIM di gedung baru ini dilakukan secara transparan dan cepat untuk Warga,” ujar Refdi.

Sebagaimana dikutip dari humas.bekasikab.go.id (27/8/2019) Refdi menyebutkan, dengan adanya sistem ini, seluruh informasi mengenai pengajuan SIM seperti jumlah pemohon SIM yang hadir, pemohon yang lulus dan tidak, serta jumlah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) akan diketahui secara langsung. Karena, data peserta terkoneksi dalam sistem online pelayanan terpadu di Satpas SIM pusat di Korlantas Polri.

[Baca Juga: Fasilitas Kesehatan Tanpa Antre di Puskesmas Kelapa Gading]

Refdi juga menyebutkan, dengan adanya sistem yang terintegrasi ini hanya membutuhkan waktu sebanyak satu jam untuk proses pembuatan SIM. Hal tersebut, diharapkan mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. “Dengan adanya sistem ini, pendaftaran dapat dilakukan melalui online dari laman kita. Dengan hal tersebut, diharapkan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Bekasi,” kata Refdi.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja dengan adanya layanan baru ini mengharapkan, kini dan ke depannya proses pelayanan masyarakat dapat dilakukan dengan cepat serta tidak ada lagi pungutan liar dalam proses pembuatan SIM atau jenis layanan lain.

“Dengan dibangunnya gedung baru dan gerai SIM ini, semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas, khususnya masyarakat Kabupaten Bekasi. Semoga mengurus dokumen administrasi bisa lebih mudah dan cepat,” ujar Eka. Dalam acara yang sama, Korlantas sekaligus melakukan uji coba pada Smart SIM, yaitu kartu SIM yang memiliki manfaat lebih. Kartu ini multi-fungsi, bisa digunakan seperti halnya kartu e-money.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.