Ilustrasi Perubahan Iklim.jpg

Berita Kawasan

Pemda dalam Pembangunan Rendah Karbon dan Ketahanan Iklim

Upaya pemerintah daerah melalui pembangunan rendah karbon dan berketahanan iklim berperan penting dalam mempercepat pencapaian target Kontribusi Ditentukan Nasional atau Nationally Determined Contribution (NDC).

Country Manager ICLEI Indonesia Ari Mochamad menyebutkan pemerintah daerah memiliki peran penting ini dalam mempercepat pencapaian target NDC yang merupakan komitmen setiap negara untuk mencapai masa depan rendah karbon dan berketahanan iklim.

“Oleh karena itu upaya pemerintah kota dan kabupaten perlu didukung dengan pengumpulan data dan pembuatan profil iklim aksi daerah yang kuat sehingga akan membantu pemangku kepentingan pada tingkat daerah untuk mendukung pemerintah nasional dalam akselerasi capaian NDC,” kata Ari Mochamad dalam lokakarya bertajuk “Percepatan Pencapaian Target Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim” di Jakarta (7/12/2021).

“Dalam hal ini ICLEI juga bekerjasama dengan mitra membantu pemerintah daerah untuk melaporkan data dan aksi iklimnya,” tambahnya.

ICLEI.jpg

NDC adalah dokumen yang memuat komitmen dan aksi iklim sebuah negara yang dikomunikasikan kepada dunia melalui Konvensi Rangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim atau United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC). Hal ini seperti disepakati dalam Perjanjian Paris.

Kepala Seksi Inventarisasi GRK Sektor Energi dan IPPU dari Direktorat Inventarisasi Gas Rumah Kaca dan Monitoring Pelaporan dan Verifikasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Ratnasari menjelaskan kalau saat ini kebijakan dan instrumen pendukung pencapaian NDC disusun dengan sangat spesifik yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah.

Ratnasari menuturkan bahwa hasil Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa 2021 atau yang dikenal sebagai COP26 membutuhkan peran subnasional. “Ini sangat penting sebagai motor penggerak dari isu perubahan iklim,” jelasnya.

[Baca Juga: Masih Didominasi Batu Bara, Ada Kemunduran Atasi Krisis Iklim]

Dia melanjutkan,”Dukungan kebijakan daerah dan pendanaan sangat penting. Kami yang di pemerintahan nasional sangat mengharapkan adanya informasi. Mulai mendengarkan pemerintah daerah, kira-kira kebutuhannya apa, implementasi harus disesuaikan dengan kondisi kita, sehingga maksimal mendukung penurunan gas rumah kaca di dunia.”

Salah satu pendekatan yang telah dikaji Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk pengendalian perubahan iklim yakni ekonomi sirkular. Hal ini disampaikan perwakilan Direktorat Lingkungan Hidup Bappenas Irfan Darliazi Yananto.

Ketua Umum IAP Indonesia Hendricus Andy Simarmata (Sumber ICLEI).jpg

“Salah satu instrumennya yaitu ekonomi sirkular. Perlu mulai bergerak dari ekonomi yang sifatnya linier ke lingkaran tertutup ekonomi sirkular di mana akan terjadi proses melingkar. Mulai dari memproses, desain atau manufaktur, barang konsumsi, pengumpulan, pendauran ulang, dan kembali lagi ke proses,” kata Irfan.

Sementara Ketua Umum Ikatan Ahli Perencana (IAP) Indonesia Hendricus Andy Simarmata mendorong pemaduan aksi iklim dalam prosedur dan siklus perencanaan pembangunan dengan mengembangkan sejumlah alat ukur dan perangkat penilaian.

Dia menguraikan lebih jauh bahwa dari sisi infrastruktur bangunan, efisiensi energi, dan energi hijau melalui peraturan zonasi seperti zona emisi rendah merupakan sebagian dari pendekatan yang bisa diterapkan.

Lokakarya ini diselenggarakan Local Governments for Sustainability atau secara singkat disebut ICLEI dalam rangkaian kegiatan One Planet City Challenge (OPCC). Kegiatan berlangsung secara daring dan luring. ***


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.