Pemeriksaan Tes COVID-19 di LBM Eijkman Gratis, Apa Saja Syaratnya

Berita Kawasan

Pemeriksaan Tes COVID-19 di LBM Eijkman Gratis, Apa Saja Syaratnya?

Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman baru-baru ini ditunjuk Pemerintah Indonesia sebagai salah satu pihak yang berhak melakukan uji tes virus corona SARS-CoV-2. Penunjukan lembaga penelitian yang berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) ini dilakukan untuk mempercepat proses identifikasi di tengah semakin banyaknya jumlah pasien yang terjangkit virus ini.

[Baca Juga: Cegah COVID-19, Warga Depok Buat Gerbang Disinfektan Otomatis]

Dilansir dari laman www.eijkman.go.id, untuk melakukan tes/pemeriksaan virus corona, LBM Eijkman tidak memungut biaya sepeser pun alias gratis. “Biaya uji/tes pemeriksaan ditanggung oleh LBM Eijkman sebagai wujud rasa kemanusiaan dan sumbangsih kepada bangsa dan negara” tulis LBM Eijkman dalam websitenya.

Pemeriksaan Tes COVID-19 di LBM Eijkman Gratis, Apa Saja Syaratnya

Meski begitu, masyarakat tidak semerta-merta bisa langsung datang ke LBM Eijkman yang terletak di Salemba, Jakarta Pusat ini untuk melakukan pemeriksaan. Sebab LBM Eijkman hanya memeriksa sampel swab tes pasien yang sudah lebih dulu melakukan pemeriksaan di Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes).

"Kami hanya menerima sampel dari rumah sakit, jadi kalau ada orang yang merasa ada kontak dan berbagai gejalanya itu sebaiknya ke rumah sakit dulu. Nanti rumah sakit yang menentukan apakah perlu diperiksa atau tidak," kata Direktur LBM Eijkman, Prof Amin Soebandrio dikutip dari detikcom.

Pemeriksaan Tes COVID-19 di LBM Eijkman Gratis, Apa Saja Syaratnya

Nantinya, Fasyankes akan memeriksa pasien dengan pengambilan sampel swab untuk mereka yang menunjukkan gejala spesifik mengarah pada COVID-19, seperti demam, batuk, sesak napas, dan radang paru atau pneumonia. Baru setelah itu, sampel swab tes pasien dikirimkan dengan mekanisme pengiriman khusus kepada LBM Eijkman untuk diperiksa lebih lanjut.

[Baca Juga: Tanggap Corona, PT KAI Permudah Sistem Pengembalian Tiket]

Selanjutnya, setelah sampel diperiksa sesuai protokol yang terstandarisasi, hasil uji sampel COVID-19 pasien dapat diketahui minimal 3 hari kerja setelah sampel diterima. Baru setelah itu, hasil uji laboratorium akan diinformasikan kepada dokter penanggung jawab pasien.

Untuk diketahui, dipilihnya LBM Eijkman sebagai laboratorium virus corona dikarenakan lembaga tersebut mempunyai biosafety level (BSL) alias level keselamatan biologi tipe 2. Hal itu berarti bahwa akses menuju laboratorium dibatasi dan para pekerja telah dibekali dengan pelatihan khusus dalam menangani agen patogenik.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 10 months lalu
    suki

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke bola165 ,org dan jangan lupa join now yach... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan.