Pemerintah Bogor Desak Pemprov DKI Jakarta Segera Terapkan Lockdown

Berita Kawasan

Pemerintah Bogor Desak Pemprov DKI Jakarta Segera Terapkan Lockdown

Wacana untuk mengkarantina wilayah atau local lockdown terus menggema di berbagai daerah seiring makin bertambahnya jumlah pasien positif COVID-19 di Indonesia. Salah satu wilayah yang menyatakan siap untuk menerapkan kebijakan lockdown adalah Bogor.

Bahkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor telah sepakat terkait kebijakan tersebut. Hal itu diketahui setelah Bupati Bogor Ade Yasin bertemu dengan Wakil Walikota Bogor Dedie A. Rachim di Rumah Dinas Wali Kota Bogor, Jalan Pajajaran pada Minggu 29 Maret 2020 malam.

[Baca Juga: Antisipasi Lockdown, Polda Metro Jaya Lakukan Simulasi Penutupan Jalur]

Meski telah sepakat, namun Dedie mengatakan bahwa kebijakan lokal lockdown yang akan diambil oleh Pemkab dan Pemkot Bogor masih tergantung pada status DKI Jakarta. Sebab berdasarkan hasil analisia, DKI Jakarta sampai saat ini masih menjadi episentrum penyebaran virus corona karena tingkat mobilitas yang tinggi.

Bogor pun kata Dedie saat ini hanya tinggal menunggu keputusan DKI Jakarta untuk mengetuk palu tanda dimulainya lockdown di tengah pandemi virus corona yang kian meluas.

Pemerintah Bogor Desak Pemprov DKI Jakarta Segera Terapkan Lockdown

"Tidak ada artinya kalau DKI tidak melakukan pembatasan yang signifikan sementara kota dan kabupaten Bogor melakukan lockdown. Sama dengan ibu bupati, kita sepakat epicentrumnya dulu di beresin, kami kota dan kabupaten akan menyesuaikan," kata Dedie.

Dedie mengakui sampai saat ini belum ada kepastian dari pemerintah pusat terkait penanganan COVID-19. Tidak adanya kepastian tersebut kata Dedie, sangat mempengaruhi ekonomi di kota Bogor. Pasalnya, hotel-hotel yang menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bogor telah banyak yang tutup akibat wabah ini.Untuk itu, Dedie mendesak pemerintah pusat untuk segera mengambil keputusan agar masalah ini tidak berlarut-larut.

[Baca Juga: Dewan Guru Besar FKUI Surati Pemerintah, Sarankan Local Lockdown]

Senada dengan Dedie, Bupati Bogor Ade Yasin menganggap penerapan local lockdown di Jakarta sangat penting. Dirinya pun berharap kepada Pemerintah DKI Jakarta agar mau bersinergi untuk menerapkan lockdown secara bersama-sama. Sebab menurut Ade, penetapan lockdown yang dilakukan Bogor Raya tidak ada artinya jika DKI Jakarta tidak menerapkan langkah yang sama.

“Pemerintah pusat harus segera menyampaikan strategi nasional mengatasi virus corona. Supaya kabupaten dan kota tidak mengambil langkah sendiri-sendiri yang bisa saling bertentangan," ucap Ade.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 years, 10 months lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang Bola165.co mempunyai promo Welcome cashback, anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%, tunggu apa lagi hanya di bola165,co yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga.