Pemerintah Gratiskan 5 Ruas Tol Saat Libur Panjang Akhir Tahun

Berita Kawasan

Pemerintah Gratiskan 5 Ruas Tol Saat Liburan Akhir Tahun

Kabar gembira bagi Anda yang akan memilih mudik dan berwisata pada saat libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Pasalnya, pemerintah lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menggratiskan lima ruas jalan tol jelang libur akhir tahun ini. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan kelimanya akan beroperasi secara fungsional sehingga pemerintah belum memungut tarif perjalanan.

[Baca Juga: Telkomsel Jamin Kelancaran Jaringan saat Libur Akhir Tahun]

Kelima jalan bebas hambatan yang akan digratiskan adalah Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 26 kilometer; Kayu Agung-Betung sepanjang 33 kilometer, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 9,5 kilometer, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 66 kilometer dan terakhir Jalan Tol Elevated Jakarta-Cikampek II sepanjang 36,4 kilometer.

Untuk jalan tol layang Jakarta-Cikampek kata Basuki, akan mulai dioperasikan pada 15 Desember 2019. Dengan begitu, total panjang jalan tol yang akan dibuka selama masa angkutan Natal dan tahun baru ialah 170,9 kilometer.

Pemerintah Gratiskan 5 Ruas Tol Saat Libur Panjang Akhir Tahun

Beberapa fasilitas juga telah disiapkan oleh Kementerian PUPR di ruas-ruas tol untuk mendukung lancarnya libur akhir tahun 2019. Basuki menyampaikan bahwa pihaknya akan menyediakan 26 toilet cabin, 13 unit bus toilet VIP, 13 unit mobil tinja, 63 unit mobil tangki air, dan 449 hidran umum di lokasi peristirahatan di jalan tol yang disebar juga di ruas-ruas jalan nasional.

Di ruas jalan tol juga akan disediakan mobile reader, mobile top up, dan penjualan kartu perdana uang elektronik pada GT dengan kepadatan lalu lintas tinggi sampai dengan tim tanggap bencana. "Untuk mengantisipasi keadaan darurat seperti longsor akibat peralihan musim, kami siagakan tim tanggap bencana pada titik-titik rawan bencana," kata Basuki.

Selain menggratiskan ruas tol dan menyiapkan fasilitas penunjang, Basuki pun memastikan kementeriannya akan berkoordinasi dengan Korlantas Polri untuk menghindari penumpukan kendaraan di ruas-ruas jalan tol.

Puncak Libur Natal 2019 & Tahun Baru 2020

Sementara itu di sisi lain, Kementerian Perhubungan memprediksi puncak libur natal 2019 akan terjadi 2 sampai 3 hari jelang tanggal merah yang jatuh pada 25 Desember 2019. Sedangkan untuk puncak libur tahun baru akan terjadi pada tanggal 30 dan 31 Desember 2019.

[Baca Juga: Wisata Budaya Jakarta, Alternatif Liburan Edukatif yang Bermanfaat]

"Kami sudah berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait. Kami berharap dapat mengantisipasi kemacetan lebih baik," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.