Pemerintah-Jakut-Gelar-Lomba-Bakar-Ikan-di-Malam-Tahun-Baru-3.jpg

Berita Kawasan

Pemerintah Jakut Gelar Lomba Bakar Ikan di Malam Tahun Baru

Setiap wilayah di DKI Jakarta memiliki caranya masing-masing untuk merayakan malam pergantian tahun. Salah satunya digelar di area Danau Sunter, Kecamatan Tanjung Priok yang diadakan oleh Pemerintah Jakarta Utara (Jakut). Tanpa perayaan yang berlebihan, acara tahun baru ini dikemas dalam dua kegiatan utama yakni bakar ikan dan doa bersama untuk korban tsunami Banten yang bertajuk malam keakraban.

Acara malam keakraban ini diadakan di sepanjang Jalan Danau Sunter Selatan pada 31 Desember 2018. Sayangnya karena dipicu hujan deras, acara tahun baru ini tidak terlalu ramai dihadiri para pengunjung. Namun, malam keakraban ini tetap berjalan lancar dengan ratusan orang hadir dalam perlombaan bakar ikan. Ratusan orang tersebut merupakan perwakilan dari 500 RW di Jakarta Utara.

Lomba Bakar Ikan di Jakarta Utara

Perlombaan bakar ikan ini merupakan kali keduanya diadakan oleh Pemerintah Jakarta Utara. Semenjak Senin (31/12/2018) para peserta bakar ikan sudah berkumpul di tenda yang disediakan oleh para panitia. Di tenda tersebut terdapat meja dan tiga jenis ikan yaitu bawal, kuwe dan ayam-ayaman.

[Baca Juga: 5 Jenis Ikan untuk Mempercantik Aquascape]

Pemilihan kegiatan bakar ikan ini sebenarnya menjadi gambaran Jakarta Utara yang memang berada di wilayah pesisir sehingga terkenal akan hasil lautnya. Untuk semakin menarik perhatian, Pemerintah Jakarta Utara juga sudah menyediakan berbagai hadiah untuk para pemenangnya, seperti sepeda dan motor.

Lomba Bakar Ikan di Jakarta Utara

“Kita akan makan ikan bersama-sama karena menu yang tepat untuk malam tahun baru adalah ikan bakar. Apalagi Jakarta Utara berada di wilayah pesisir yang beragam hasil lautnya,” jelas Wali Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim terkait lomba bakar ikan di malam tahun baru, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (2/1/2019).

Namun Pemerintah Jakarta Utara juga tidak melupakan para korban terdampak tsunami Banten. Oleh karena itu, kegiatan di malam pergantian tahun ini juga dikemas dengan doa bersama. Ali mengatakan bahwa selain doa, bantuan juga akan dikirimkan untuk meringankan derita korban tsunami Banten.

[Baca Juga: Bantu Korban Tsunami Banten, PKPU HI Sediakan Dapur Air]

Realisasi bantuan tersebut adalah dengan menyumbangkan doorprize yang sebelumnya akan diberikan untuk juara harapan lomba bakar ikan untuk para korban terdampak tsunami Banten. Kipas angin, setrika, alat masak dan berbagai peralatan lainnya merupakan doorprize serta sebagian hasil kontribusi dari stakeholder di Jakarta Utara untuk para korban bencana di kawasan Selat Sunda.

Selain dari Pemerintah Jakarta Utara, bantuan kemanusiaan juga digalang pihak Kelurahan Marunda. “Bantuan yang terkumpul berjumlah tiga truk. Isinya ada pakaian layak pakai, mi instan dan berbagai kebutuhan. Untuk penggalangan dana, terkumpul Rp52.860.000,” ucap Kepala Seksi Pemerintahan dan Tramtib Kelurahan Marunda Nur Setiyono kepada PingPoint.co.id melalui sambungan telepon (2/1/2019).

Selain aksi bantuan kemanusiaan untuk penyitas tsunami Banten, serupa dengan yang diadakan di Jalan Danau Sunter Selatan, dzikir serta doa bersama juga digelar di acara pergantian tahun di kelurahan Marunda. Doa ini disebut untuk mendoakan Indonesia di tahun baru 2019 tidak tertimpa bencana lagi.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.