Pemerintah Kota Bandung Berikan Vaksinasi Booster di Bandung, Prioritas untuk Lansia.jpg

Kesehatan

Pemerintah Kota Bandung Berikan Vaksinasi Booster di Bandung

Pemerintah Kota Bandung memberikan vaksinasi booster atau dosis ketiga mulai Kamis, 13 Januari 2022. Vaksinasi booster ini diproriataskan untuk lansia terlebih dahulu. Pada tahap pertama, jenis vaksinasi booster yang diberikan adalah Pfitzer atau Astrazeneca.

Dalam pelaksanaan vaksinasi booster tersebut, ada sebanyak 80 puskesmas di Kota Bandung yang memberikannya. Untuk Kota Bandung, total target sasaran yang dapat divaksin booster sebanyak 294.000 orang.

"Sesuai dengan sosialisasi dan tentunya yang kami terima di Senin malam bahwa dosis ke tiga atau booster sudah bisa dimulai. Booster ini untuk memperkuat daya tahan tubuh kemudian diberikan, tentunya bila dosis primer sudah lengkap," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanagara, Kamis, 13 Januari 2022, dikutip dari ayobandung.com.

vaksin-booster.jpg

Saat ini, pihaknya sudah melaksanakan vaksinasi massal booster di Pusdai Jawa Barat dan yayasan Telkom. Total target sasaran warga yang dapat divaksin booster sebanyak 294.334 orang. Namun, terkait hal lainnya masih diperbincangkan.

"Kalau yang di Pusdai 300 orang, di puskesmas sudah ada ya jadi sebagai gambarannya sasaran yang sudah 6 bulan lewat di Januari itu kalau totalnya sekitar 294.334 cuma kan kita tidak tahu yang sudah diundang dengan e tiket itu berapa," ungkapnya.

Mengenai pelaksanaan vaksinasi booster, Ahyani mengungkapkan vaksinasi booster ini dilaksanakan di 80 puskesmas serta 3 rumah sakit daerah di Kota Bandung. Selain itu, ada beberapa klinik lainnya yang akan memberikan vaksin booster Bandung.

"Yang pasti 80 puskesmas plus 3 rumah sakit daerah. Untuk klinik-klinik milik pemerintah lain seperti RSHS, Cicendo, Rotinsulu, Sartika Asih, Salamun dan semuanya itu pun sudah siap (memberikan vaksin booster Bandung). Klinik swasta tinggal berkoordinasi dengan puskesmas itu ya," tandasnya.

[Baca Juga: Jadwal Vaksin Booster Depok? Pemkot Tunggu Kabar Pemerintah Pusat]

Untuk Anda yang ingin mendapatkan vaksinasi booster ini, Pelaksana Tugas Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan bahwa para warga harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui aplikasi PeduliLindungi. Jika ternyata masuk dalam kriteria, maka akan mendapatkan balasan dari aplikasi tersebut.

"Jadi nanti harus daftar ke aplikasi PeduliLindungi dan nanti ada balasannya. Dan ternyata dia masuk kriteria, seperti lansia, 6 bulan setelah dosis dua, dan tidak ada commorbid, itu secara sistem dapat e-tiket. Dan itu nanti tinggal datang ke semua faskes yang ada di kota Bandung seperti puskesmas dan rumah sakit. Itu sudah siap," jelasnya.

Yana Mulyana menambahkan, untuk vaksinasi booster ini pemberian dosisnya tidak sama dengan vaksin tahap satu dan dua sebesar 3 ml. Booster sendiri hanya diberikan setengahnya, atau sebanyak 1,5 ml.

"Tapi itu setengah dosis. Jadi kalau misalnya Sinovac-nya hanya 3 mili, ini hanya 1,5 mili sih booster-nya. Dan yang tersedia memang saat ini hanya Astrazaneca sama Pfitzer dari 5 yang sudah dibolehkan," tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.