bpn2.jpg

Berita Kawasan

Pemerintah Kota Bandung dan BPN Akan Setifikasi Tanah Wakaf untuk Masjid

Bersamaan dengan penyerahan sertifikat tanah untuk Masjid Al Ikhlas yang memiliki luas 67 meter persegi dan berkapasitas sekitar 250 jemaah di Jalan Cidurian Selatan I, Sekejati, Buahbatu, Kota Bandung pada hari Selasa 11 Mei 2021, Pemerintah Kota Bandung dan Badan Pertanahan Negara (BPN) Kota Bandung sepakat untuk memberikan kemudahan sertifikasi tanah, khususnya tanah wakaf untuk masjid. Tak hanya itu, BPN juga menyatakan bahwa tidak akan ada pemungutan biaya untuk proses tersebut.

bpn.jpg

Menanggapi hal itu, Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana menyambut baik dan mengapresiasi langkah BPN. Pasalnya dengan alur yang mudah dalam mengurus wakaf tanah, maka akan mempercepat proses mendapatkan sertifikat. “Kepastian sertifikat ini berikan ketenangan untuk pemberi dan penerima,” ungkap Kang Yana seperti yang dilansir dalam laman humas.bandung.go.id (12/05/21).

Dalam acara penyerahan sertifikat tanah Masjid Al Ikhlas, turut hadir Kepala BPN Kota Bandung Andi Kadandio. Andi mengatakan bahwa sertifikasi tanah wakaf masjid merupakan bagian dari kegiatan BPN dan Pemerintah Kota Bandung. Andi pun menerangkan alur prosesnya, “Dasarnya pemohon yang punya tanah itu wajib, memberikan ke Nadzir. Selanjutnya datang ke penjabat pembuat akta ikrar wakaf di kecamatan. Dibuatkan akte ikrar wakafnya. Setelah itu mendaftar ke kantor BPN, lanjut kita ukur dan terbitkan sertifikatnya,” terang Andi. Nadzir wakaf dalam hal ini dapat diwakilkan oleh perseorangan atau badan hukum yang memegang amanat untuk mengurus dan memelihara tanah wakaf sesuai dengan tujuan wakaf tersebut.

bpn1.jpg

Saat ini, menurut Andi Kadandio sudah 30 masjid di Kota Bandung yang tersertifikasi. “Sampai saat ini sudah 30 sertifikat. Secara simultan tiap kecamatan ada. Jadi sekitar 4.000 masjid yang ada di Kota Bandung kita sertifikatkan, ini gratis,” tambah Andi dalam laman humas.bandung.go.id (12/05/21).

Kang Yana pun akan ikut mendorong seluruh Kelurahan dan Kecamatan untuk membantu kegiatan BPN dalam menyukseskan wakaf tanah untuk masjid yang berada di Kota Bandung. “Insya Allah kita bantu. Unsur kewilayah juga terlibat, itu juga kita dorong untuk mempercepat,” ungkapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.