Pemerintah Tangerang Selatan Adakan Pelayanan Pembuatan Kartu Identitas Anak.jpg

Berita Kawasan

Pemerintah Tangerang Selatan Adakan Layanan Kartu Identitas Anak

Program pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) awalnya dicanangkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang telah diatur dalam Pemendagri Nomor 2 Tahun 2016. Tak ayal jika kebijakan ini awalnya masih diterpa kritik dan skeptisisme.

Seiring berjalannya waktu, Pemerintah memberlakukan KIA hanya di 50 kota, yang diantaranya di Yogyakarta, Surakarta, Malang, dan Makassar. Kini, program KIA sudah dapat berlaku secara nasional.

[Baca Juga: Warga Sambut Baik Sistem Jemput Bola Administrasi Kependudukan]

Sebetulnya banyak manfaat yang bisa didapatkan dari KIA. Keberadaan KIA bagi setiap akan bisa dimanfaatkan untuk pendaftaran anak-anak ke sekolah.

Selain itu, dengan adanya KIA, anak akan memiliki data yang akurat tentang kependudukan. Pengadaan KIA juga merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program mewujudkan Kota Layak Anak seperti pada ketentuan UU Nomor 24 yahun 2014.

Kartu Identitas Anak KIA

Kerjasama Pihak Swasta

Demi menepis keraguan masyarakat perihal KIA, Pemerintah Tangerang Selatan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatam Sipil (Disdukcapil) mengadakan pelayanan pembuatan KIA dengan cara berbeda.

Bekerjasama dengan KFC Bintaro, Pemerintah Tangerang Selatan berhasil menarik minat sekitar 515 anak yang tertarik dengan pembuatan KIA.

[Baca Juga: Dukcapil Jakarta Utara Gencarkan Pembuatan e-KTP ke Sekolah]

Kepala Seksi Inovasi Pelayanan pada Bidang Pemanfaatan data dan inovasi pelayanan pada Disdukcapil, Mega Putri mengatakan, pelayanan perekaman dibuka sejak pukul 07.00-14.30 WIB di KFC Bintaro, pada Selasa (26/2/2019).

“Anak-anak sangat antusias dalam pembuatan KIA, karena mereka banyak mendapatkan diskon dari vendor yang menjalin kerjasama dengan Disdukcapil,” tutur Mega. Seperti yang dilansir dari Tangerangselatankota.go.id (8/3/2019).

[Baca Juga: Ini Gebrakan Baru dari PMI Tangerang Selatan]

Tak Cuma KIA yang bisa diperoleh anak-anak Tangerang ini. Beragam voucer diskon produk pun bisa dinikmati anak-anak seperti McDonald’s, Gramedia, KFC, Amazone, Gunung Agung, kolam renang Golf BSD, Kidscity Bintaro, Domino Pizza, dan Ice Skating Bintaro Xchange.

Salah satu anak yang megikuti pelayanan KIA Novira, mengaku senang telah memiliki kartu identitas terbaru. "Saya senang ounya KIA karena bisa digunakan untuk belanja buku dan bisa dapat banyak diskon lainnya,” ucapnya girang.

Read More

Artikel Lainnya

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dapat Membantu Melawan COVID-19

Kesehatan

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dalam Melawan COVID-19

22 September 2020, 17:03

Penelitian ini membandingkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.