Pemerintah Tangerang Selatan Adakan Pelayanan Pembuatan Kartu Identitas Anak.jpg

Berita Kawasan

Pemerintah Tangerang Selatan Adakan Layanan Kartu Identitas Anak

Program pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) awalnya dicanangkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang telah diatur dalam Pemendagri Nomor 2 Tahun 2016. Tak ayal jika kebijakan ini awalnya masih diterpa kritik dan skeptisisme.

Seiring berjalannya waktu, Pemerintah memberlakukan KIA hanya di 50 kota, yang diantaranya di Yogyakarta, Surakarta, Malang, dan Makassar. Kini, program KIA sudah dapat berlaku secara nasional.

[Baca Juga: Warga Sambut Baik Sistem Jemput Bola Administrasi Kependudukan]

Sebetulnya banyak manfaat yang bisa didapatkan dari KIA. Keberadaan KIA bagi setiap akan bisa dimanfaatkan untuk pendaftaran anak-anak ke sekolah.

Selain itu, dengan adanya KIA, anak akan memiliki data yang akurat tentang kependudukan. Pengadaan KIA juga merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program mewujudkan Kota Layak Anak seperti pada ketentuan UU Nomor 24 yahun 2014.

Kartu Identitas Anak KIA

Kerjasama Pihak Swasta

Demi menepis keraguan masyarakat perihal KIA, Pemerintah Tangerang Selatan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatam Sipil (Disdukcapil) mengadakan pelayanan pembuatan KIA dengan cara berbeda.

Bekerjasama dengan KFC Bintaro, Pemerintah Tangerang Selatan berhasil menarik minat sekitar 515 anak yang tertarik dengan pembuatan KIA.

[Baca Juga: Dukcapil Jakarta Utara Gencarkan Pembuatan e-KTP ke Sekolah]

Kepala Seksi Inovasi Pelayanan pada Bidang Pemanfaatan data dan inovasi pelayanan pada Disdukcapil, Mega Putri mengatakan, pelayanan perekaman dibuka sejak pukul 07.00-14.30 WIB di KFC Bintaro, pada Selasa (26/2/2019).

“Anak-anak sangat antusias dalam pembuatan KIA, karena mereka banyak mendapatkan diskon dari vendor yang menjalin kerjasama dengan Disdukcapil,” tutur Mega. Seperti yang dilansir dari Tangerangselatankota.go.id (8/3/2019).

[Baca Juga: Ini Gebrakan Baru dari PMI Tangerang Selatan]

Tak Cuma KIA yang bisa diperoleh anak-anak Tangerang ini. Beragam voucer diskon produk pun bisa dinikmati anak-anak seperti McDonald’s, Gramedia, KFC, Amazone, Gunung Agung, kolam renang Golf BSD, Kidscity Bintaro, Domino Pizza, dan Ice Skating Bintaro Xchange.

Salah satu anak yang megikuti pelayanan KIA Novira, mengaku senang telah memiliki kartu identitas terbaru. "Saya senang ounya KIA karena bisa digunakan untuk belanja buku dan bisa dapat banyak diskon lainnya,” ucapnya girang.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.