Pemilu 2019, Operator Situng Diharapkan Bertugas dengan Baik

Berita Kawasan

Pemilu 2019, Operator Situng Diharapkan Bertugas dengan Baik

Tidak hanya dari sarana dan prasarana yang tersedia, tapi kemampuan dan keahlian petugas operator Sistem Informasi Perhitungan (Situng) Nasional menjadi faktor penentu kesuksesan dalam peneyelenggaraan Pemilu 2019. Oleh sebab itu, keduanya harus berkesinambungan dalam mensukseskan Pemilu 2019.

Hal itu seperti yang dipaparkan Wakil Wali Kota Jakarta Barat M. Zen saat memberikan arahan uji coba nasional aplikasi Situng Pemilu 2019 di Twin Palza Hotel, Jakarta Barat. “Petugas orator Situng diminta untuk memahami secara teknik, baik tata cara maupun aturannya sehingga proses penginputan dan scan hasil Pemilu 2019 berjalan dengan baik,” ujarnya seperti dikutip dari barat.jakarta.go.id (10/4/2019).

[Baca Juga: Faktor Ini Perlu Dipahami Pemilih dalam Pemilu Presiden 2019]

M. Zen melanjutkan, dirinya mendengar bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah memberikan bekal latihan terkait uji coba nasional aplikasi Situng. Ia pun menginginkan penyelenggaraan Pemilu 2019 bisa menorehkan prestasi, sama seperti saat menggelar Pilkada DKI Jakarta 2017.

Dengan begitu, dirinya berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat bisa meningkatkan prestasi tersebut. Tidak hanya itu, diharapakan pula para peserta bisa menjalani tugas dan tanggung jawab dengan penuh kecepatan, ketelitian, dan tepat waktu. “Jangan sungkan untuk bertanya kepada penyelenggara pemilu terkait uji coba nasional tersebut,” tambah M. Zen.

Tanggung Jawab Besar

Sementara itu, ketua KPUD Jakarta Barat Cucum Sumardi menjelaskan, tugas dan tanggung jawab sebagai operator Situng sangat besar. Pasalnya, mereka harus melaksanakan penginputan dan scan dengan tepat waktu, cermat, dan teliti.

Cucum berharap, kinerja operator Situng Pemilu 2019 ini bisa menuai prestasi, sama saat menggelar Pilkada DKI Jakarta 2017, di mana wilayah Jakarta Barat menjadi yang tercepat dalam penginputan. Ini semua pernah dilakukan pada penyelenggaraan Pilkada DKI Jakarta 2017.

[Baca Juga: Dubes Belanda Apresiasi Pemilu 2019 di Indonesia]

“Waktu itu, semua operator Situng dikumpulkan menjadi satu di Hotel Bidakara. Nah, yang pertama menyempaikan formulir C1 untuk pengecekan dan input adalah wilayah Jakarta Barat, tepatnya dari wilayah Kelurahan Krendang,” dia bercerita.

Selain proses input yang cepat, Jakarta Barat juga mendapatkan apresiasi karena mampu menyelesaikan Situng sebelum batas waktu yang telah ditentukan. Tahun ini, pihaknya berupaya meski sangat besar bila dilihat dari jumlah TPS di Jakarta Barat, yakni 6730 TPS.

[Baca Juga: Gelar Apel Akbar, Pemkot Jakarta Selatan Siap Sambut Pemilu 2019]

Harapan yang sama juga dikemukakan Ketua Bawaslu Jakarta Barat Oding Junaidi. Ia menginginkan, proses penginputan dan scan formulir C1 dapat berjalan dengan baik. Ikuti semua proses dan tidak boleh melanggar aturan. “Saya berharap teman-teman operator, jangan ada kebocoran data. Karena ini rahasia negara. Kalau bocor, tentu ada sanksinya. Ini menjadi kewenangan kita. Mudah-mudahan ini telah disampaikan Ketua KPU, ” sambungnya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.