Pemkab Bandung Barat Siapkan Rumah Isolasi Bagi Warga Luar Daerah

Berita Kawasan

Pemkab Bandung Barat Siapkan Rumah Isolasi Bagi Warga Luar Daerah

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menyiapkan rumah singgah bagi para pendatang dari luar kota. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. Para perantau yang baru datang itu nantinya bakal diisolasi terlebih dulu selama 14 hari di rumah singgah tersebut.

"Ini strategi kita untuk mengantisipasi orang-orang yang mudik. Jadi para pemudik ketika sampai di Bandung Barat harus diisolasi dulu di rumah singgah. Jangan sampai setelah di kampung lalu berkeliaran di masyarakat," ujar Sekertaris Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB Nanang Ismantoro.

[Baca Juga: Pemkab Bandung Manfaatkan Anggaran Dana Desa Untuk Cegah COVID-19]

Rumah singgah itu rencananya akan dibangun di setiap Desa di Kabupaten Bandung Barat. Hal itu agar warga desa yang baru pulang dari zona merah bisa terpantau lebih ketat. Selama di rumah seinggah, para warga yang datang dari luar kota akan dipantau perkembangan kondisi kesehatannya dan diwajibkan untuk melakukan rapid test.

Pemkab Bandung Barat Siapkan Rumah Isolasi Bagi Warga Luar Daerah

Selain itu, warga yang harus diisolasi rencananya akan mendapatkan tunjangan Rp 50,000 per orang tiap harinya selama 14 hari. Anggaran tersebut berasal dari program yang bukan menjadi prioritas seperti pelatihan bimbingan teknis, perjalanan dinas, ATK dan sebagainya.

Sementara itu, salah satu tempat yang akan digunakan sebagai ruang isolasi adalah Masjid Agung Ash-Shiddiq yang terletak di Kompleks Perkantoran Pemerintahan KBB. Rencananya Pemkab Bandung Barat bakal memakai ruangan lantai satu Masjid Agung Ash-Shiddiq dikarenakan tempat tersebut tidak digunakan untuk tempat beribadah atau salat berjamaah baik oleh masyarakat umum maupun Aparatur Sipil Negara (ASN).

[Baca Juga: Ini Daftar Nomor Telepon 23 Pasar Online di Bandung]

Terkait penggunaan masjid sebagai ruang isolasi penderita COVID-19, Bupati KBB yang juga ketua Gugus tugas COVID-19, Aa Umbara Sutisna berharap masyarakat tak perlu khawatir. Menurutnya, hal tersebut telah dipertimbangkan secara matang, sehingga pihaknya menjamin keputusan ini akan aman bagi masyarakat. Selain itu kata Aa Sutisna, pihaknya juga memastikan bahwa para petugas yang berjaga akan dibekali alat pelindung diri (APD) lengkap.

"Petugas akan pakai APD lengkap, prosedurnya juga terukur. Masyarakat sekitar akan disosialisasikan. Yang pasti aman, aktivitas kantor pemda juga tetap berjalan," jelasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Natasya88 2 years, 5 months lalu
    Natasya88

    Semangat untuk #bersamamelawanviruscorona cukup #dirumahaja dan utk mengusir kejenuhan yang anda rasakan saat ini silahkan bisa lsg join dan bermain di beberapa game yang ada di situs DUPA88,net blm lgi bisa pilih/ambil bonusnya serta bisa jadi tambahan penghasilan anda boskuu 🥳🥳🥳😍🥰