Fakultas Teknologi Informasi

Berita Kawasan

Pemkab Bandung Luncurkan Website Bagi Para Pelaku Seni dan Budaya

Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung meluncurkan website bernama Bedas Sepakat (Sistem Pendataan Kebudayaan Terpadu) pada pekan lalu.

Peluncuran website diinisiasi oleh Disparbud Kabupaten Bandung bersama Bupati Bandung, Dadang Supriatna. “Bedas sepakat ini menjadi terobosan baru dalam menjaga keutuhan dan keberlanjutan kebudayaan kita. Saya minta Disparbud untuk bisa mengidentifikasi semua pelaku seni dan budaya yang kita miliki,” ujar Dadang di sela acara yang digelar di GBS Soreang, dikutip dari bandungkab.go.id (12/10/2021).

Pemkab Bandung Luncurkan Website Bagi Para Pelaku Seni dan Budaya di Wilayahnya.jpg

Perlu Anda ketahui, website ini diperuntukkan bagi para pelaku seni dan budaya untuk semakin mengembangkan karya seninya serta menjadi alat promosi agar negara-negara lain bisa mengenal seni dan budaya lokal.

“Salah satu contohnya wayang golek, icon seni Sunda yang sudah tampil hingga ke Eropa. Saya minta pelaku seni dan budaya di Kabupaten Bandung terus berkarya, serta berkontribusi dalam mendukung pembangunan daerah,” ungkap bupati yang akrab disapa Kang DS itu.

Tak hanya itu, melalui website ini, para pelaku seni dan budaya di Kab. Bandung dapat memuat berbagai informasi mengenai objek kemajuan kebudayaan, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, ekonomi kreatif, serta data lainnya terkait kebudayaan yang ada di Kabupaten Bandung.

[Baca Juga: Pekerja Pariwisata dan Seni Budaya di Bandung Lakukan Vaksinasi Tahap Pertama]

Kang DS juga memberikan wadah bagi para pelaku seni dan budaya, untuk ikut terlibat dalam industi wisata. Karena ia menilai, kebudayaan dan pariwisata merupakan dua unsur yang tidak bisa dipisahkan. Kesejahteraan masyarakat, lanjutnya, dapat meningkat dengan adanya sinergitas dari kedua unsur tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Disparbud Kabupaten Bandung Hidayat Ramdhan menjelaskan, dalam pendataan pihaknya melibatkan puluhan influencer dan admin media sosial yang tergabung dalam forum medsos Kabupaten Bandung.

Hidayat berharap, website tersebut dapat bermanfaat baik bagi para pelaku seni dan budaya khususnya, maupun bagi masyarakat luas. "Semoga dengan hadirnya website ini, seluruh pelaku seni dan budaya bisa terdata secara detail. Masyarakat yang ingin tahu pun dapat mengaksesnya dengan mudah, cepat, kapanpun dan di manapun," pungkasnya.

Jika Anda para pelaku seni dan budaya yang ingin melihat sistem tersebut, informasi lebih lanjut tersajikan melalui website bedassepakat.com.


Read More

Artikel Lainnya

1.jpg

Hobi dan Hiburan

Nuansa Natural di Pemandian Sumber Demoon Malang

26 October 2021, 19:03

Obyek wisata Sumber Demoon berlokasi di Jl. Simpang Anggodo, Lowoksuruh, Pusun Jabon, Mangliawan, Pakis, Kabupaten Malang.

IMG_26102021_071120_(1100_x_600_piksel).jpg

Hobi dan Hiburan

Pemandu Acara di Medan Terkena Dampak Saat Pandemi

26 October 2021, 17:03

Otomatis mempengaruhi penghasilannya dari nge-MC. Meski demikian, ia bersyukur karena ada acara-acara yang digelar webinar,

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

Kesehatan

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

26 October 2021, 16:34

Angka pernikahan anak di Kabupaten Bandung cukup tinggi sehingga membuat Pemkab dan pihak-pihak terkait mengadakan sebuah program untuk menghapus angka pernikahan dini di Kabupaten Bandung.

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.


Comments


Please Login to leave a comment.