Pemkab Bandung Manfaatkan Anggaran Dana Desa untuk Cegah COVID-19

Berita Kawasan

Pemkab Bandung Manfaatkan Anggaran Dana Desa Untuk Cegah COVID-19

Tak dipungkiri, virus SARS-CoV-2 yang akhir-akhir ini melanda Indonesia turut menghantam perekonomian masyarakat, khusunya bagi masyarakat menengah ke bawah. Mereka yang kebanyakan merupakan pedagang kecil pun akhirnya tidak bisa berjualan akibat mewabahnya virus asal Wuhan, China tersebut.

Melihat hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menyiapkan beragam cara agar masalah ini bisa dilalui oleh masyarakat di wilayahnya. Salah satunya dengan mengalokasikan sejumlah anggaran untuk masyarakat miskin yang terdampak COVID-19.

[Baca Juga: Ini Daftar Nomor Telepon 23 Pasar Online di Bandung]

Wakil Bupati (Wabup) Bandung Gun Gun Gunawan mengatakan bantuan tersebut nantinya akan diberikan kepada masyarakat yang masuk kategori prioritas, seperti warga miskin yang belum tersentuh Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan warga miskin baru (misbar) terdampak sosial ekonomi akibat wabah covid-19.

“Namun perlu dipahami, tidak semua masyarakat mendapatkan bantuan ini. Hanya warga miskin yang datanya sudah terkunci sebelumnya serta misbar (miskin baru) seperti pedagang di area sekolah yang terdampak virus ini,” kata Gun Gun Gunawan.

Pemkab Bandung Manfaatkan Anggaran Dana Desa untuk Cegah COVID-19

Selain itu Pemkab Bandung lewat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Bandung meminta kepada seluruh Pemerintah Desa di wilayahnya segera menyerap anggaran dana desa tahun anggaran 2020 untuk penanganan COVID-19. Bahkan, penggunaan dana desa untuk menangani COVID-19, sudah tertuang dalam surat edaran Menteri Desa beberapa waktu lalu.

Menurut Kepala DPMPD Kabupaten Bandung, Tata Irawan Sobandi, sampai saat ini dari 270 Desa se-Kabupaten Bandung, baru 13 yang sudah mengajukan proposal pencairan dana desa. Padahal kata Tata, dana itu bisa digunakan untuk membantu masyarakat yang tidak tercakup bantuan pemerintah.

[Baca Juga: KPAI: Alihkan Anggaran UN untuk Penanganan COVID-19 di Sekolah]

Sejauh ini, DPMPD telah memfasilitasi pemerintah desa dalam hal proses pencairan dana desa tersebut, baik melalui pendampingan penyusunan laporan maupun hal lainnya, termasuk bimbingan teknis kepada kepala desa yang baru dilantik beberapa bulan lalu.

“Kami berharap dan menunggu proposal pencairan supaya bisa diproses rekomendasi kepada pusat. Agar bisa memanfaatkan untuk membantu penanganan COVID-19. Memang sudah banyak yang berjalan melakukan penanganan, entah menggunakan dana talang atau sumber lainnya. Tapi akan lebih baik menyerap anggaran yang sudah disiapkan,” kata Tata.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.