Pemkab Bekasi Adakan Pelayanan One Day Service untuk Permudah Masyarakat

Berita Kawasan

Pemkab Bekasi Adakan Pelayanan One Day Service untuk Permudah Masyarakat

Sebagai upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menggelar pelayanan cepat One Day Service. Pelayanan ini dipusatkan di Kantor Kecamatan Cikarang Utara pada 5 Juli 2019. Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja beserta jajarannya turun langsung untuk meninjau langsung pelayanan tersebut guna memastikan kegiatan tersebut berjalan dengan lancar. 

Eka menyampaikan, One Day Service merupakan salah satu program prioritas Pemkab Bekasi untuk membenahi layanan publik. Misalnya untuk pengurusan KTP, KK, STNK, dan lainnya. "Intinya saya ingin keliling ke desa-desa atau kecamatan-kecamatan untuk memastikan pelayanan berjalan dengan semestinya. Saya tidak ingin lagi, ada pelayanan yang sebenarnya mudah malah dipersulit," kata Eka. 

[Baca Juga: Warga Tangsel Tidak Perlu ke Disdukcapil, Buat KTP Bisa di Kecamatan]

Dalam pelayanan One Day Service tersebut, terdapat beberapa pelayanan publik dari dinas-dinas terkait, seperti:

  1. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil),
  2. BPN (Badan Pertanahan Nasional),
  3. Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) meliputi PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), Dinas Tenaga Kerja (pembuatan Kartu Kuning), Dinas Penanman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP),
  4. Samsat,
  5. Dinas sosial,
  6. Dinas Usaha Mikro Kecil dan Menengah, dan
  7. Badan Azis Nasional

Melansir dari humas.bekasikab.go.id (8/7/2019) Eka menambahkan, kegiatan merupakan upaya Pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam pelayanan administrasi. Dengan kata lain masyarakat bisa langsung mendapatkan pelayanan di tingkat desa maupun kecamatan dengan mudah. 

[Baca Juga: Proyek Kolaborasi Masdarin Untuk Kurangi Penolakan Izin Usaha]

"Semoga kegiatan ini bisa jadi program lanjutan kedepannya dan insya Allah, saya bersama jajaran terkait sedang mempersiapkan pembangunan mal pelayanan publik. Nantinya mal tersebut dapat menjangkau seluruh jenis pelayanan pemerintah baik terkait kependudukan, perizinan, dan lain sebagainya," ujar Eka. 

Sementara itu, salah seorang warga setempat yang sedang menikmati layanan One Day Service Sriyani mengaku, sangat senang dengan adanya kegiatan yang diadakan oleh Pemkab Bekasi ini. Dengan adanya pelayanan ini, dirinya tidak perlu mengeluarkan biaya besar dan datang jauh ke Pemda untuk mengurus kebutuhan administratif.

“Selain praktis, dipelayanan ini hanya dibutuhkan verifikasi persyaratan dan antri sebentar. Jadi tidak perlu repot harus jauh-jauh ke Pemda untuk mengurus akte, KK, dan. Selain itu, prosesnya juga cepat.“ ujar Sriyani.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.