Pemkab Bekasi Gelar Rapid Test COVID-19 Hari Ini

Kesehatan

Pemkab Bekasi Gelar Rapid Test COVID-19 Hari Ini

Usai Bupati Karawang dinyatakan positif mengidap COVID-19, makin banyak menimbulkan ketakutan dan kepanikan di masyarakat. Maka dari itu, Pemerintah kabupaten Bekasi yang berhimpitan langsung dengan Kabupaten Karawang menyelenggarakan rapid tes atau tes cepat untuk mendeteksi COVID-19 dimulai pada 26 Maret 2020.

Awalnya, Kabupaten Bekasi masuk dalam pemeriksaan massal di Stadion Patriot Candrabaga, tapi karena dibatalkan. Kemudian Kabupaten Bekasi melaksanakannya sendiri. Juru Bicara Pusat dan Kordinasi Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah mengatakan, pelaksanaan rapid test dilakukan khusus kepada orang yang masuk kategori A.

[Baca Juga: Ini 10 Daftar Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di Kabupaten Bekasi]

Orang yang masuk dalam kategori tersebut adalah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan Tenaga Kesehatan yang bekerja di Rumah Sakit yang menangani COVID-19.

Rapid tes ini dilakukan untuk orang yang termasuk kategori A. Yaitu seperti ODP, PDP, tenaga kesehatan yang kontak dengan ODP, PDP, dan dilakukan dengan mendatangi kediamannya dan rumah sakit yang menangani pasien COVID-19,” ujar Alamsyah seperti dilansir dari humas.bekasikab.go.id (26/3/2020).

Menurut Alamsyah, rapid test akan dilakukan sebanyak dua tahap, yaitu dilakukan dengan door to door atau mendatangi kediaman orang yang sudah masuk kategori, kemudian tahap kedua dilakukan dengan sistem drive thru, yang rencananya akan digelar di Stadion Wibawa Mukti, Kecamatan Cikarang Timur.

Pemkab Bekasi Gelar Rapid Test COVID-19 Hari Ini

Rapid test akan dilaksanakan berdasarkan data ODP yang masuk per tanggal 25 Maret 2020 ke Puskesmas masing-masing Kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi. Untuk melakukan tes cepat ini, Pemkab Bekasi melibatkan rumah sakit dan Puskesmas, di antaranya adalah Puskesmas Tambun Selatan, Tambun Utara, Cikarang, dan Lemah Abang. Tes cepat ini juga akan melibatkan kurang lebih 200 tenaga kesehatan.

[Baca Juga: Bekasi Akan Batasi Warga ke Jakarta Jika Jumlah COVID-19 Meningkat]

Petugas kesehatan dari Puskesmas wilayah terdapat ODP akan mengunjungi pasien yang sedang melakukan isolasi diri di rumah. tenaga kesehatan yang berada di rumah sakit juga akan di tes di rumah masing-masing dengan pendampingan Dinas Kesehatan. Rapid test untuk kategori A ini akan dilakukan hingga 27 Maret 2020. Kemudian jika tahap pertama selesai, baru dilakukan test tahap kedua (drive thru) bagi kategori B.

Pemkab Bekasi telah menerima sebanyak 1.000 alat rapid tes yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Alat Rapid Test berupa test pack. Tak hanya melakukan tes door to door, tapi Pemkan juga akan mensosialisasikan kepada petugas Puskesmas mengenai cara dan teknis penggunaan rapid test. Pelaksanaan tes cepat ini diharapkan mampu mendeteksi untuk menekan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Bekasi.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.