Pemkab Bekasi Gelar Rapid Test COVID-19 Hari Ini

Kesehatan

Pemkab Bekasi Gelar Rapid Test COVID-19 Hari Ini

Usai Bupati Karawang dinyatakan positif mengidap COVID-19, makin banyak menimbulkan ketakutan dan kepanikan di masyarakat. Maka dari itu, Pemerintah kabupaten Bekasi yang berhimpitan langsung dengan Kabupaten Karawang menyelenggarakan rapid tes atau tes cepat untuk mendeteksi COVID-19 dimulai pada 26 Maret 2020.

Awalnya, Kabupaten Bekasi masuk dalam pemeriksaan massal di Stadion Patriot Candrabaga, tapi karena dibatalkan. Kemudian Kabupaten Bekasi melaksanakannya sendiri. Juru Bicara Pusat dan Kordinasi Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah mengatakan, pelaksanaan rapid test dilakukan khusus kepada orang yang masuk kategori A.

[Baca Juga: Ini 10 Daftar Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di Kabupaten Bekasi]

Orang yang masuk dalam kategori tersebut adalah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan Tenaga Kesehatan yang bekerja di Rumah Sakit yang menangani COVID-19.

Rapid tes ini dilakukan untuk orang yang termasuk kategori A. Yaitu seperti ODP, PDP, tenaga kesehatan yang kontak dengan ODP, PDP, dan dilakukan dengan mendatangi kediamannya dan rumah sakit yang menangani pasien COVID-19,” ujar Alamsyah seperti dilansir dari humas.bekasikab.go.id (26/3/2020).

Menurut Alamsyah, rapid test akan dilakukan sebanyak dua tahap, yaitu dilakukan dengan door to door atau mendatangi kediaman orang yang sudah masuk kategori, kemudian tahap kedua dilakukan dengan sistem drive thru, yang rencananya akan digelar di Stadion Wibawa Mukti, Kecamatan Cikarang Timur.

Pemkab Bekasi Gelar Rapid Test COVID-19 Hari Ini

Rapid test akan dilaksanakan berdasarkan data ODP yang masuk per tanggal 25 Maret 2020 ke Puskesmas masing-masing Kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi. Untuk melakukan tes cepat ini, Pemkab Bekasi melibatkan rumah sakit dan Puskesmas, di antaranya adalah Puskesmas Tambun Selatan, Tambun Utara, Cikarang, dan Lemah Abang. Tes cepat ini juga akan melibatkan kurang lebih 200 tenaga kesehatan.

[Baca Juga: Bekasi Akan Batasi Warga ke Jakarta Jika Jumlah COVID-19 Meningkat]

Petugas kesehatan dari Puskesmas wilayah terdapat ODP akan mengunjungi pasien yang sedang melakukan isolasi diri di rumah. tenaga kesehatan yang berada di rumah sakit juga akan di tes di rumah masing-masing dengan pendampingan Dinas Kesehatan. Rapid test untuk kategori A ini akan dilakukan hingga 27 Maret 2020. Kemudian jika tahap pertama selesai, baru dilakukan test tahap kedua (drive thru) bagi kategori B.

Pemkab Bekasi telah menerima sebanyak 1.000 alat rapid tes yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Alat Rapid Test berupa test pack. Tak hanya melakukan tes door to door, tapi Pemkan juga akan mensosialisasikan kepada petugas Puskesmas mengenai cara dan teknis penggunaan rapid test. Pelaksanaan tes cepat ini diharapkan mampu mendeteksi untuk menekan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Bekasi.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.