Pemkab Bekasi Hilangkan Kawasan Kumuh Lewat Program BERSEKA

Berita Kawasan

Pemkab Bekasi Hilangkan Kawasan Kumuh Lewat Program BERSEKA

Untuk mengurangi dan juga mengentaskan warga di kawasan kumuh, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menciptakan program bertajuk Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang merupakan strategi Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan pemukiman kumuh di Indonesia dan mendukung Gerakan 100-0-100, yang merupakan 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

Program ini diselenggarakan di semua provinsi yang ada di Indonesia termasuk, bahkan daerah penyangga ibu kota seperti, Kabupaten Bekasi. Pemkab Bekasi yang berkolaborasi dengan Pemerintah Pusat untuk menjalankan program Kotaku dan juga BERSEKA yang merupakan Bekasi Bersih Sehat Berkah.

Pemkab Bekasi Hilangkan Kawasan Kumuh Lewat Program BERSEKA

Dua program tersebut merupakan program utama dan jadi prioritas Pemkab Bekasi karena sesuai dengan amanat UUD Tahun 1945 pasal 28 ayat 1, RPJM Nasional 2015-2019 dan PERMEN PUPR No. 2 Tahun 2016 tentang Peningkatan Kualitas dan Permukiman Kumuh.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengatakan, hingga kini, pemda masih gencar melakukan penataan serta pembangunan di beberapa wilayah yang dianggap kumuh. Ia melanjutkan, berdasarkan amanat UUD, setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin.

Maka dari itu, memiliki tempat tinggal dan lingkungan hidup yang baik serta sehat merupakan hak semua orang. untuk mendapatkan hal tersebut, Pemkab Bekasi akan terus melaksanakan program BERSEKA.

[Baca Juga: Siapkan 5 Kamera, Kabupaten Bekasi Makin Serius Garap E-Tilang]

“Penuntasan luasan kawasan kumuh bukan hanya pekerjaan Pemkab Bekasi, namun juga merupakan bagian usah dan kerja keras Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) sebagai leading sector penataan Kawasan kumuh di Kabupaten Bekasi,” ujar Eka seperti yang dilansir dari humas.bekasi.go.id (21/2/2020).

Eka pun turut mengapresiasi Disperkimtan sebagai leading sector, juga kepada perangkat dinas mitra yang tergabung dalam Pokja pengembangan Kawasan permukiman, Muspika kecamatan, fasilitator dan para relawan yang tetap bersemangat membangun lingkungan.

Berdasarkan luasan wilayah kumuh sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Bekasi No. 591/KEP.169-Distarkim/2016 terdapat 181,32 hektare yang tersebar di 30 kampung dari sembilan desa yang terbagi di empat wilayah kecamatan. Sejak tahun 2017, luasan kawasan kumuh yang sudah tertanganni mencapai 170,066 hektare di mana pengurangan luasan kumuhnya mencapai 86,02 hektare dan menyisakan 11,246 hektare.

[Baca Juga: HUT Ke-69 Kabupaten Bekasi Dirayakan dengan Gerak Jalan & Uji Emisi]

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Iwan Ridwan mengungkapkan, rencana kegiatan BERSEKA dan Kotaku di tahun 2020 ini akan dianggarkan sebesar 52 miliar untuk 30 kampung, sembilan desa yang berada di empat kecamatan, yaitu Kecamatan Tambun Selatan, Tambun Utara, Cikarang Selatan dan Cibitung.

Pembangunan ini meliputi pembangunan infrastruktur, non infrastruktur, pemberdayaan masyarakat antara lain, pembangunan jalan-jalan lingkungan, pembangunan drainase, pembangunan sarana air bersih, pembangunan MCK (Mandi Cuci Kakus), pembangunan taman lingkungan termasuk sarana bermainnya, kemudian pemlesteran lapangan,

Read More

Artikel Lainnya

Sensus Penduduk Tetap Berjalan Secara Daring Selama Pandemi COVID-19

Berita Kawasan

Sensus Penduduk Tetap Berjalan Secara Daring Selama Pandemi COVID-19

07 April 2020, 11:00

Menurut data Disdukcapil Kota Tangerang, per 2 April, sejumlah 103.667 keluarga Kota Tangerang telah berpartisipasi sensus penduduk online 2020.

Kemendikbud Akan Beri Sertifikat Penghargaan 15.000 Relawan Mahasiswa

Pendidikan

Kemendikbud Akan Beri Sertifikat Penghargaan 15.000 Relawan Mahasiswa

07 April 2020, 10:00

Relawan mahasiswa kesehatan yang membantu menangani COVID-19 ini akan diberikan sertifikat yang dapat dikonversikan menajdi SKS.

4 Rekomendasi Film Romantis Selama Isolasi Diri

Berita Kawasan

4 Rekomendasi Film Romantis Selama Isolasi Diri

07 April 2020, 09:00

Film-film romantis berikut bisa temani Anda isolasi diri di rumah. Ada empat film pilihan kami yang bisa ditonton dari beberapa aplikasi streaming film.

Terminal Giwangan Rajin Disinfeksi untuk Antisipasi Covid-19

Berita Kawasan

Terminal Giwangan Rajin Disinfeksi untuk Antisipasi COVID-19

07 April 2020, 08:00

Sebagai salah satu upaya untuk mencegah menyebarnya Virus Corona, Terminal Giwangan rajin didisinfeksi per tiga hari.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 1 month, 2 weeks lalu
    suki

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di dupa88,net rasakan sensasinya guuuys...... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>