Pemkab Bekasi Sediakan Beasiswa Penuh untuk Penghafal Al-Quran

Pendidikan

Pemkab Bekasi Sediakan Beasiswa Penuh untuk Penghafal Al-Qur'an

Prestasi bukan hanya mampu dan cakap dalam pelajaran eksak. Namun cakap berolahraga, kesenian, maupun keagamaan juga merupakan prestasi yang dapat membawa buah hati menggapai prestasi atau pun beasiswa. Apalagi, belum lama ini Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja menegaskan akan membebaskan biaya sekolah dan kuliah bagi siswa penghafal Al-Qur'an.

Program ini merupakan upaya Eka untuk menjalankan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi Dalam membangun Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Beasiswa ini bukan hanya ditujukan untuk siswa tidak mampu saja, sehingga targetnya lebih luas.

Eka menyebutkan ketika menghadiri Musyawarah Daerah (Musda) Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke 9, yang bertempat di Gedung Wibawa Mukti-Cikarang Pusat, beasiswa bukan hanya diberikan kepada siswa miskin namun juga generasi yang berakhlak baik.

Pemkab Bekasi Sediakan Beasiswa Penuh untuk Penghafal Al-Quran

"Saya akan memberikan beasiswa pendidikan bagi siswa yang berprestasi, tidak hanya yang berprestasi tapi juga benar, karena mereka yang hafal Al-Qur'an itu memang generasi yang terbaik," sebut Eka.

Eka menambahkan, dalam rangka pendidikan berkarakter, pihaknya sudah menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan bagi anak-anak yang hafal Al-Qur'an minimal tiga juz boleh memilih sekolah di mana saja tanpa melihat zonasi, termasuk akan memberikan beasiswa.

[Baca Juga: Polsek Bekasi Utara Bagikan Al-Quran Ke Ponpes dan Masjid]

“Untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang hafal minimal tiga juz bisa memilih sekolah di mana saja tanpa melihat zonasi, sedangkan bagi siswa yang mampu menghafal 30 juz, Pemkab Bekasi akan menyediakan beasiswa kuliah mulai dari biaya per semester hingga biaya hidup sepenuhnya ditanggung pemerintah,” sebut Eka.

Untuk menjalankan program tersebut, Eka meminta doa dan dukungan dari berbagai pihak agar Kabupaten Bekasi menjadi lebih baik lagi.

[Baca Juga: Juara Indonesia Predator League 2020 Diberikan Beasiswa BRI Institute]

"Melalui Musda ini, MUI Kabupaten Bekasi diharapkan dapat terus meningkatkan kemampuan dan kemandiriannya, menjadi teladan dalam menaungi ormas-ormas keagamaan lainnya serta memberdayakan umat untuk mewujudkan kualitas kehidupan umat," ujar Eka.

Beasiswa penghafal Al-Qur'an bukan hanya disediakan oleh Pemkab Bekasi, pasalnya beberapa universitas di Indonesia juga menyediakan beasiswa serupa, misalnya di Universitas Islam Indonesia, Universitas Negeri Sebelas Maret, Institut Pertanian Bogor, Universitas Islam Bandung, UIN Alauddin Makassar, Universitas Merdeka Malang, dan lain sebagainya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.