Pemkab Bekasi Sediakan Layanan Informasi COVID-19

Kesehatan

Pemkab Bekasi Sediakan Layanan Informasi COVID-19

Pasien korban wabah Virus Corona di Indonesia semakin bertambah dari hari ke hari sejak 2 Maret 2020 Presiden Joko Widodo mengumumkan dua pasien COVID-19 pertama. Cepatnya penyebaran virus ini membuat masyarakat panik, maka dari itu pemerintah terus menerus memberikan sosialisasi untuk antisipasi penyebaran penyakit pneumonia asal Wuhan, Tiongkok ini.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi pun turut membentuk Satuan Tugas Pusat Informasi dan Koordinasi atau PIK Covid-19 untuk sumber informasi masyarakat, mengingat belum lama ini terdapat suspect corona asal Bekasi. Pembentukan Satgas PIK ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kewaspadaan.

Stok Masker Aman, Warga Kabupaten Bekasi Lebih Kondusif

Melansir dari pojoksatu.id (11/3/2020) Juru Bicara PIK COVID-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah mengatakan, ada beberapa tugas dari PIK COVID-19 yaitu, meluruskan dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat mengenai virus baru ini.

“Tentunya mengajak masyarakat luas untuk meningkatkan kewaspadaan. Menjaga agar tidak panik, cemas, dan takut termakan berita hoaks yang banyak beredar dari pihak yang tidak kompeten di bidangnya,” ujar Alamsyah.

[Baca Juga: Pemkab Bekasi Laporkan COVID-19 Lewat Video Conference Call]

Alamsyah menyebutkan, Satgas PIK akan mendampingi dan membantu orang atau pun pasien yang sedang menjalani pemantauan atau pengawasan. Masyarakat pun diimbau untuk menerapkan beberapa hal agar terhindar dari COVID-19 atau pun masyarakat luas yang membutuhkan pelayanan kesehatan maupun layanan informasi melalui call centre yang sudah disiapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi di nomor seperti dikutip dari humas.bekasikab.go.id:

  • Call Center : 112
  • Call Center PSC : 119
  • Telp : 021-89910039,
  • HP: 0811 1139 927 dan 0852 8398 0119

[Baca Juga: Antisipasi COVID-19, Pemprov DKI Jakarta Imbau Ini ke Perusahaan]

Pemkab Bekasi pun mengimbau masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat atau menjalankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), mencuci tangan yang sering terutama setelah batuk, bersin, sebelum dan sesudah makan, kemudian jika mengalami gejala demam, batuk, sesak nafas dan baru bepergian dari negara yang terjangkit COVID-19 dalam 14 hari sebelum sakit segera pergi ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

“Menunda atau menghindari perjalanan ke negara yang terjangkit, menggunakan masker jika memiliki sakit dengan gejala flu dan infeksi saluran napas, jika sedang sakit kurangi aktivitas di luar rumah terutama keramaian, kerumunan, dan kontak dengan orang banyak,” sebut Alamsyah.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.