Pemkab Bekasi Siapkan Jababeka Convention Center untuk Karantina ODP

Berita Kawasan

Pemkab Bekasi Siapkan Jababeka Convention Center untuk Karantina ODP

Pemerintah Kabupaten Bekasi menyiapkan Jababeka Convention Center yang terletak di Cikarang Utara sebagai tempat karantina Orang Dalam Pemantauan (ODP). Hal ini dilakukan sebagai upaya mengantisipasi bertambahnya jumlah kasus COVID-19 di Kabupaten Bekasi.

Selain Jababeka Convention Center, Pemkab Bekasi menyiapkan satu lagi tempat, yaitu Student Home President University yang berlokasi di Cikarang Utara.

Pemkab Bekasi Siapkan Jababeka Convention Center untuk Karantina ODP

“Nantinya di setiap lokasi akan disediakan 300 bed dan juga dapur umum untuk warga yang berstatus ODP,” kata Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja saat melakukan peninjauan lokasi karantina bersama Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan, dikutip dari bekasikab.go.id (03/04/2020).

Pemkab Bekasi sebelumnya juga telah menyiapkan sepuluh rumah sakit rujukan di wilayahnya untuk menangani kasus COVID-19. Selain itu, RSUD Cabangbungin, kini juga tengah dipersiapkan untuk merawat ODP dan PDP COVID-19.

[Baca Juga: Ini 10 Daftar Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di Kabupaten Bekasi]

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah menjelaskan pihaknya sedang menyiapkan fasilitas pendukung rumah sakit. Nantinya, kata Alamsyah, akan ada 37 kasur yang terbagi di dua lantai RSUD Cabangbungin untuk menangani ODP dan PDP.

Direktur RSUD Cabangbungin Markenley juga menyatakan pihaknya siap apabila Pemkab Bekasi menunjuk rumah sakitnya menangani kasus COVID-19, namun dengan beberapa catatan. Ia mengatakan RSUD Cabangbungin memerlukan tambahan tenaga medis setidaknya 75 perawat serta penambahan sejumlah dokter umum dan dokter spesialis, serta APD yang tercukupi.

[Baca Juga: TPU Pedurenan Bekasi Disiapkan untuk Pasien COVID-19 yang Meninggal]

Pada Jumat (03/04/2020), diberitakan satu orang pasien positif COVID-19 di Kabupaten Bekasi dinyatakan sembuh. Pasien diketahui merupakan warga Kecamatan Tambun Selatan yang dirawat di salah satu rumah sakit Jakarta.

Ia dinyatakan sembuh setelah menjalani Polymerase Chain Reaction (PCR) dua kali berturut-turut dan mendapatkan hasil negatif.

Terhitung sampai Jumat, 3 April 2020, tercatat 24 kasus positif COVID-19 di Kabupaten Bekasi. Dari jumlah itu, terdapat 4 orang meninggal dunia dan 5 orang sembuh. Sementara total PDP sebanyak 222 orang, 129 di antaranya masih dalam pengawasan. Orang Dalam Pemantauan (ODP) tercatat berjumlah 868 orang.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.