Pemkab Bogor Gelar Festival Bunga dan Buah Nusantara

Berita Kawasan

Pemkab Bogor Gelar Festival Bunga dan Buah Nusantara

Dinas Pertanian Holtikultura dan Perkebunan (Disranhorbun) Kabupaten Bogor bersama Institut Pertanian Bogot (IPB) menyelenggarakan kegiatan Festival Buah dan Bunga yang diadakan di Stadion Pakansari Cibinong pada 30 November 2019. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pertanian dan nilai daya saing bunga dan buah nusantara dengan komoditas impor.

Pemkab Bogor Gelar Festival Bunga dan Buah Nusantara

Festival Buah dan Bunga ini dihadiri pula oleh Bupati Bogor Ade Yasin yang menjelaskan, buah dan bunga nusantara punya banyak keunggulan dan keindahan. Selain itu bunga dan buah khas nusantara juga memiliki daya tarik tersendiri seperti aroma, warna, corak, dan bentuk. Maka dari itu, bunga dan buah lokal harus diekspor agar meningkatkan pertanian.

"Terlebih di era transformasi industri 4.0 semua arus informasi dengan mudah didapatkan melalui ponsel. Begitu juga sektor pertanian, yang memungkinkan untuk menggunakan aplikasi berbasis teknologi untuk menunjang produktivitas pertanian baik bunga dan buah," ujar Ade.

[Baca Juga: Tak Hanya Indah, Bunga Lili Punya Banyak Manfaat]

Berdasarkan lansiran dari bogorkab.com (3/12/2019) festival ini diharapkan mampu memberikan motivasi dan inspirasi bagi pelaku usaha bunga dan buah agar bisa bersaing dengan produk dari luar di pasar lokal maupun internasional.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengupayakan untuk meningkatkan komoditas pertanian dengan memanfaatkan teknologi dan berbagai inovasi lainnya. "Pemkab Bogor juga akan terus mendukung produktivitas, daya saing dan nilai tambah komoditas pertanian. Untuk mewujudkan Kabupaten Bogor maju dan berprestasi di sektor pertanian," tegas Ade.

Pemkab Bogor Gelar Festival Bunga dan Buah Nusantara

Kepala Distanhorbun Kabupaten Bogor Siti Nurianty menjelaskan, festival ini menghadirkan semua kecamatan di Kabupaten Bogor untuk menampilkan inovasi masing-masing wilayah dalam bentuk buah dan bunga dengan tujuan mengenalkan buah dan bunga yang belum banyak diketahui banyak orang.

[Baca Juga: Manfaat Kesehatan Tersembunyi dalam Aneka Buah Tropis]

“Melalui kegiatan tersebut diharapkan menjadi wadah atau sarana mengenalkan potensi bunga dan buah nusantara dengan optimal ke seluruh masyarakat Kabupaten Bogor dan seluruh Indonesia. Karena kebanyakan petani menjual ke Jakarta sama Tangerang, karena kita belum punya sentral khusus buah. Tetapi sebenarnya kita tidak melarang mereka. Hanya nanti kita fasilitasi mungkin kita masuk ke tempat lain dengan harga menarik,” ujar Siti.

Rektor IPB Arif Satria menambahkan, kegiatan festival ini telah dilaksanakan sejak tahun 2012. IPB telah mengembangkan beberapa konsep untuk pertanian, di antaranya adalah revolusi hijau untuk swasembada pangan dan revolusi oranye untuk penggalakkan buah Nusantara.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.