Pemkab Bogor Gelar Tes Massal di Pasar Leuwiliang

Kesehatan

Pemkab Bogor Gelar Tes Massal COVID-19 di Pasar Leuwiliang

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor terus menggelar rapid dan swab test massal di ruang-ruang publik yang potensial memunculkan keramaian. Pasar, stasiun terus dilakukan rapid test guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kabupaten Bogor.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Bogor Mike Kaltarina mengatakan, akan terus melaksanakan rapid dan swab test di ruang publik yang menjadi pusat keramaian.

Pemkab Bogor Gelar Tes Massal di Pasar Leuwiliang

“Ada kurang lebih 30 pasar di Kabupaten Bogor yang sudah kita agendakan untuk dilakukan rapid dan swab test. Pasar Leuwiliang ini menjadi pasar ke-8 yang melaksanakan rapid dan swab test, kemarin terakhir kita laksanakan di Pasar Parung," kata Mike usai melihat pelaksanaan rapid dan swab test di Pasar Leuwiliang pada 9 Juli 2020.

[Baca Juga: Dukcapil Kabupaten Bogor Libur, Warga Urus Dokumen Secara Daring]

Mike menambahkan, kerumunan itu bukan hanya di pasar saja, tapi ruang publik lain seperti di stasiun juga menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. "Kedepan kita juga sedang merencanakan pemeriksaan seperti ini ditempat-tempat pendidikan, pesantren-pesantren, kita akan menuju ke arah sana,” ujar Mike seperti diberitakan bogorkab.go.id (9/7/2020).

Pemkab Bogor Gelar Tes Massal di Pasar Leuwiliang

Ia juga menambahkan, pada umumnya beberapa pasar menunjukan hasil nonreaktif, tapi ketika ada yang reaktif kemudian positif langsung pihak Dinkes akan melacaknya.

“Pada umumnya hasil di beberapa pasar yang kita lakukan rapid dan swab test menunjukan hasil nonreaktif, memang ada juga di beberapa pasar yang reaktif tapi langsung kita swab, apabila swab positif langsung kita tracking dan ini menjadi fungsi dan peran puskesmas termasuk dari jajaran Kapolsek, Danramil, Camat atau Sisca Kecamatan,” tambah Mike.

[Baca Juga: Sebaran COVID-19 Rendah, Jabar Tetap Lakukan Rapid Test di 700 Pasar]

Mantan Direktur RSUD Cileungsi ini juga mengingatkan kepada masyarakat tidak perlu takut memeriksakan diri dengan melakukan rapid dan swab test ini.

“Saya berpesan kepada masyarakat tidak usah takut untuk memeriksakan diri melalui rapid dan swab test, karena ini salah satu untuk mendeteksi dan memutuskan mata rantai COVID-19. Saya juga ingatkan agar tidak lupa 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” pungkasnya.

Pemkab Bogor Gelar Tes Massal di Pasar Leuwiliang

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor menyiapkan 500 alat rapid dan 100 alat swab test untuk kegiatan di Pasar Leuwiliang.

Data monitoring harian kewaspadaan infeksi COVID-19 Kabupaten Bogor per tanggal 9 Juli 2020 pukul 19.00 menunjukkan ada 398 orang yang terkonfirmasi positif dengan angka kematian 20 kasus, positif aktif 211 kasus, dan sembuh 164 kasus.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.