Pemkab Bogor Sulap Wisma Kemendagri Jadi RS Darurat

Berita Kawasan

Pemkab Bogor Sulap Wisma Kemendagri Jadi RS Darurat

Jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) terkait virus corona SARS-CoV-2 di Kabupaten Bogor terus meningkat dari hari ke hari. Sampai dengan Jumat, 27 Maret 2020, tercatat ada sebanyak 442 ODP di Kabupaten Bogor.

Hal itu diketahui seletah Pemkab Bogor melakukan rapid test di dua rumah sakit yakni di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong dan juga Puskesmas Keradenan, Cibinong. Ke-442 ODP itu mengaku berhubungan langsung dengan 7 pasien yang sebelumnya dinyatakan positif menderita COVID-19.

[Baca Juga: Seluruh Gedung Sekolah dan Ruang Publik Disterilkan Pemkab Bogor]

Meski belum dinyatakan positif, namun Pemkab Bogor telah menyiapkan RS rujukan tambahan terkait penanganan pasien COVID-19. Hal itu dilakukan setelah empat RSUD dan satu Rumah Sakit Paru yang disiagakan untuk pasien corona saat ini kondisinya sudah penuh oleh pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP).

Pemkab Bogor Sulap Wisma Kemendagri Jadi RS Darurat

RS rujukan tambahan yang berada di Jalan Raya Parung, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor ini merupakan Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri yang untuk sementara waktu dijadikan tempat isolasi bagi pasien Virus Corona.

Menurut Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin, gedung yang disulap menjadi RS Rujukan itu memiliki 44 kamar dengan kapasitas 168 tempat tidur. Selain itu kata Ade, akan dipasang juga lebih banyak wastafel hingga bilik sanitasi yang statis dan portabel di dalam area gedung.

Pemkab Bogor Sulap Wisma Kemendagri Jadi RS Darurat

“Ketika ada pasien positif di rumah sakit kemudian keluarganya sudah diasingkan masyarakat, jadi lebih baik kita suruh di sini. Atau yang masih penanganan kita taruh sini dulu. Karena RS lebih kepada pasien positif. Ketika bisa memfasilitasi sendiri kenapa tidak,” ungkap Ade Yasin dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (27/3/2020).

Tak hanya itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor juga akan dikerahkan untuk melengkapi alat kesehatan dan sarana prasarana lainnya yang mendukung penanganan pasien COVID-19. Ade memastikan semua kamar dan tempat tidur akan tertata rapi dan bersih setara hotel bintang tiga.

[Baca Juga: Dukcapil Kabupaten Bogor Libur, Warga Urus Dokumen Secara Daring]

Sementara itu untuk tenaga medis, Ade Yasin mengaku tak mungkin mengambil dari rumah sakit yang ada karena mereka fokus menangani pasien di rumah sakit. Solusinya, Ia akan merekrut tenaga medis dan relawan yang biasa berkecimpung di bidang medis seperti PMI. Politisi PPP itu pun berharap, RS rujukan tersebut bisa digunakan mulai minggu depan.

Untuk diketahui, orang yang masuk dalam kategori ODP adalah orang yang terindikasi memiliki gejala dan riwayat termasuk pulang dari luar negeri. Selain itu ODP juga merupakan orang yang pernah melakukan kontak serta berhubungan dengan orang yang positif COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.