Pemkab Gunungkidul Gandeng Penjahit Lokal Bagikan 200 Ribu Masker Kain

Bisnis

Pemkab Gunungkidul Gandeng Penjahit Bagikan 200.000 Masker Kain

Untuk menghindari penyebaran virus yang semakin cepat, Kementrian Kesehatan mengimbau seluruh masyarakat mengenakan masker kain saat bepergian keluar rumah. imbauan tersebut juga dibuat agar masyarakat tidak membeli masker medis yang ada di pasaran.

Maka dari itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul berencana untuk membuat masker kain sebanyak 200.000 buah. Nantinya, masker kain ini akan dibagikan untuk masyarakat. BNPB Gunungkidul juga akan menggandeng penjahit lokal untuk mempercepat proses pembuatan masker ini.

Pemkab Gunungkidul Gandeng Penjahit Lokal Bagikan 200 Ribu Masker Kain

Dilansir dari kompas.com (19/4/2020) Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Edy Basuki menyebutkan, pembuatan masker akan dimulai sekitar tanggal 20 April. BPBD akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,17 Milliar lewat dana Belanja Tak Terduga (BTT) dari Pemkab Gunungkidul untuk menciptakan masker ini.

Dengan dana itu pula, BPBD akan memanfaatkannya untuk pembelian cairan disinfektan serta akomondasi selama proses pembagian masker dan penyemprotan disinfektan berlangsung.

[Baca Juga: DIY Masker: Bahan-bahan Ini Efektif Cegah Penyebaran Virus Corona]

Eky melanjutkan, BPBD akan menyalurkan masker ini secara bertahap sehingga tak harus menunggu semua masker jadi dan tak perlu ada kerumunan massa. “Nanti yang sudah siap langsung didistribusikan ke desa-desa untuk dibagikan ke masyarakat,” ujar Eky seperti yang dikutip dari harianjogja.com.

Ia juga menjelaskan alasannya mengapa menggunakan penjahit lokal untuk menciptakan masker kain, Eky menyebutkan, penjahit di Gunungkidul sangat banyak sehingga tenaga tersebut sayang jika tidak dimanfaatkan. Manfaatnya bukan hanya bisa dirasakan oleh masyarakat yang kedapatan masker, namun juga penjahit yang membuatnya. Karena penjahit akan diberikan modal serta diberitahukan bahan yang digunakan untuk pembuatan masker.

[Baca Juga: Efek Corona, Pemda DIY Beri Keringanan Retribusi Pedagang Pasar]

“Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan lancar demi pandemi yang bisa dicegah dan kehidupan bisa kembali dengan normal segera,” ujar Eky.

Ketua DPRD Gunungkidul Endah Suberkti Kuntariningsih menyambut positif langkah BPBD untuk membuat dan membagikan masker kain untuk masyarakat. Pasalnya, ia pun turut menyebutkan masker merupakan salah satu benda yang paling penting dalam langkah pencegahan COVID-19.

Per tanggal 19 April 2020, total data Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 3.672 orang, total data Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 636 orang, lalu terdapat 67 kasus positif dengan 33 orang dirawat, 27 sembuh, dan tujuh orang meninggal..


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.