Pemkab Tangerang Lirik Program Sekolah Ibu Kota Bogor

Pendidikan

Pemkab Tangerang Lirik Program Sekolah Ibu Kota Bogor

Setelah dijalankan beberapa tahun terakhir, Sekolah Ibu di Kota Bogor dipandang mampu menekan beragam hal negatif yang terjadi dalam pernikahan. Dari mulai Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), penyalahgunaan obat-obatan terlarang, hingga perceraian. Melihat manfaat dari program ini dan realisasinya yang berjalan dengan baik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang tertarik untuk mencoba menerapkannya di wilayahnya.

Sekadar informasi, Sekolah Ibu sendiri dicetuskan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan atau TP-PKK Kota Bogor dan mulai diterapakan pada tahun 2017. Hingga kini program ini sudah melakukan wisuda sebanyak tiga kali dan Sekolah Ibu bahkan meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia dalam Top 99 inovasi untuk kategori pelayanan publik.

Pemkab Tangerang Lirik Program Sekolah Ibu Kota Bogor

Perwakilan Pemkab Tangerang datang pada 5 Februari 2020 ke Balai Kota Bogor untuk membahas mengenai program Sekolah Ibu dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. “Kami dapat rekomendasi Provinsi Jawa Barat untuk belajar tentang ketahanan keluarga di Kota Bogor,” ungkap Asisten Satu Pemkab Tangerang Hary Haryanto, sebagaimana dikutip kotabogor.go.id (5/2/2020).

Kedatangan ini disebut Hary sebagai langkah Pemkab Tangerang untuk menerapkan Sekolah Ibu di wilayah. Program ini dipandang dapat mengatasi masalah mengenai keluarga yang muncul di wilayah Kabupaten Tangerang. Pasalnya, menurut Hary, wilayahnya masuk ke dalam kategori kawasan industri yang cenderung keras dan ini menimbulkan permasalahan di rumah tangga.

[Baca Juga: Mengintip Program Sekolah Ibu di Kota Bogor]

Setelah mengadopsi Sekolah Ibu, Pemkab Tangerang disebut akan melakukan pembentukan tim untuk menyusun seperti apa kegiatannya nanti. Dari mulai modulnya yang akan diadaptasikan dengan kondisi di Kabupaten Tangerang, lalu mencari tutor, serta penganggarannya. Jika semuanya lancar, maka di akhir tahun 2020, program Sekolah Ibu akan dimulai dicoba diterapkan di sana.

Dari sisi Pemkot Bogor sendiri menyambut baik dengan rencana penerapan Sekolah Ibu di Kabupaten Tangerang. Menurut Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, pihaknya sudah sepakat untuk membagikan secara detail mengenai program ini. Seperti latar belakang Sekolah Ibu yang sebenarnya sesuai dengan visi Kota Hujan menjadi Kota Ramah Keluarga.

[Baca Juga: Wali Kota Bogor Wisuda Ratusan Peserta Sekolah Ibu Angkatan III]

Ade menambahkan, dengan visi inilah maka program ini dapat masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah atau RPJMD. Sehingga Pemkab Tangerang memang perlu memiliki anggaran yang tepat untuk merealisasikan program Sekolah Ibu secara tepat. “ Saya yakin Pemerintah Kabupaten Tangerang bisa mengimplementasikan Sekolah Ibu dengan baik karena di setiap kelurahannya punya anggara cukup besar,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.