Pemkab Tangerang Lirik Program Sekolah Ibu Kota Bogor

Pendidikan

Pemkab Tangerang Lirik Program Sekolah Ibu Kota Bogor

Setelah dijalankan beberapa tahun terakhir, Sekolah Ibu di Kota Bogor dipandang mampu menekan beragam hal negatif yang terjadi dalam pernikahan. Dari mulai Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), penyalahgunaan obat-obatan terlarang, hingga perceraian. Melihat manfaat dari program ini dan realisasinya yang berjalan dengan baik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang tertarik untuk mencoba menerapkannya di wilayahnya.

Sekadar informasi, Sekolah Ibu sendiri dicetuskan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan atau TP-PKK Kota Bogor dan mulai diterapakan pada tahun 2017. Hingga kini program ini sudah melakukan wisuda sebanyak tiga kali dan Sekolah Ibu bahkan meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia dalam Top 99 inovasi untuk kategori pelayanan publik.

Pemkab Tangerang Lirik Program Sekolah Ibu Kota Bogor

Perwakilan Pemkab Tangerang datang pada 5 Februari 2020 ke Balai Kota Bogor untuk membahas mengenai program Sekolah Ibu dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. “Kami dapat rekomendasi Provinsi Jawa Barat untuk belajar tentang ketahanan keluarga di Kota Bogor,” ungkap Asisten Satu Pemkab Tangerang Hary Haryanto, sebagaimana dikutip kotabogor.go.id (5/2/2020).

Kedatangan ini disebut Hary sebagai langkah Pemkab Tangerang untuk menerapkan Sekolah Ibu di wilayah. Program ini dipandang dapat mengatasi masalah mengenai keluarga yang muncul di wilayah Kabupaten Tangerang. Pasalnya, menurut Hary, wilayahnya masuk ke dalam kategori kawasan industri yang cenderung keras dan ini menimbulkan permasalahan di rumah tangga.

[Baca Juga: Mengintip Program Sekolah Ibu di Kota Bogor]

Setelah mengadopsi Sekolah Ibu, Pemkab Tangerang disebut akan melakukan pembentukan tim untuk menyusun seperti apa kegiatannya nanti. Dari mulai modulnya yang akan diadaptasikan dengan kondisi di Kabupaten Tangerang, lalu mencari tutor, serta penganggarannya. Jika semuanya lancar, maka di akhir tahun 2020, program Sekolah Ibu akan dimulai dicoba diterapkan di sana.

Dari sisi Pemkot Bogor sendiri menyambut baik dengan rencana penerapan Sekolah Ibu di Kabupaten Tangerang. Menurut Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, pihaknya sudah sepakat untuk membagikan secara detail mengenai program ini. Seperti latar belakang Sekolah Ibu yang sebenarnya sesuai dengan visi Kota Hujan menjadi Kota Ramah Keluarga.

[Baca Juga: Wali Kota Bogor Wisuda Ratusan Peserta Sekolah Ibu Angkatan III]

Ade menambahkan, dengan visi inilah maka program ini dapat masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah atau RPJMD. Sehingga Pemkab Tangerang memang perlu memiliki anggaran yang tepat untuk merealisasikan program Sekolah Ibu secara tepat. “ Saya yakin Pemerintah Kabupaten Tangerang bisa mengimplementasikan Sekolah Ibu dengan baik karena di setiap kelurahannya punya anggara cukup besar,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.