Pemerintah Kota Bandung Berupaya Rumuskan Formula Antisipasi Narkoba Jenis Baru.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bandung Berupaya Antisipasi Narkoba Jenis Baru

Maraknya penyalahgunaan narkoba di kalangan siswa wilayah Kota Bandung membuat Pemerintah Kota Bandung berupayan untuk merumuskan strategi untuk memerangi narkotika dan narkoba. Salah satunya menggelar diskusi oleh TIM Terpadu P4GNPN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika) Kota Bandung.

Berbagai strategi tersebut melibatkan sejumlah elemen masyarakat dan berbagai pihak di kawasan Bandung, mulai dari pemerintah, BNN (Badan Narkotika Nasional) Kota Bandung, Kejaksaan Negeri Kota Bandung, Kepolisian, akademisi, serta ahli farmasi.

"Prinsipnya sesuai Permendagri 12 tahun 2019 bahwa di Kota Bandung sudah ada Perda nomor 5 tahun 2021 tentang keterlibatan pemerintah bekerja sama dengan seluruh stakeholder masyarakat untuk menangani bahaya narkoba," ucap Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bandung, Bambang Sukardi, di Balai Kota Bandung, Kamis, (16/12), dikutip dari humas.badung.go.id (18/12/2021).

[Baca Juga: 200.000 Anak di Kota Medan Jadi Pecandu Narkoba]

Selain itu, dalam melakukan pendekatan dengan masyarakat untuk mencegah penyalahgunaan narkotika dan narkoba di Kota Bandung, Pemkot Bandung menggunakan pendekatan kemasyarakatan melalui program Bersinar (Kampung Tangguh Bersih Narkoba). Namun dalam rangka pencegahan bahaya Narkoba tetap memerlukan formulasi tambahan agar bisa menjangkau ke level lingkungan keluarga.

"Pak Wali Kota sudah mengeluarkan surat keputusan ada 23 Kampung Bersinar, mudah-mudahan nanti biasa ada di 151 kelurahan, tahun kemarin baru 8 kelurahan. Ini menandakan keseriusan tim P4GN Kota Bandung dan jajaran lainnya," ujarnya.

Lebih lanjut, Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Bandung, Deni Yus Danial menuturkan, pihaknya akan melakukan penguatan strategi demand reduction (pengurangan permintaan) dan supply reduction (pengurangan pasokan) untuk mengantisipasi narkoba jenis baru yang kini tengah marak di seluruh dunia.

[Baca Juga: Pemkot Bandung Berikan 150 Sertifikasi Halal dan 79 Sertifikat Uji Mutu]

"Mengantisipasi perkembangan narkotika jenis baru yang saat ini viral. Di sejumlah kota besar di dunia, opiat sintetis telah merupakan epidemik di negaranya," cetus Deni.

Upaya yang lebih komprehensif bukan hanya penetrasi difokuskan pada masyarakat. Namun, pembaharuan wawasan di internal tim terpadu P4GNPN juga harus menjadi perhatian agar tak ketinggalan oleh para produsen narkoba sintetis.

"Mengantisipasi dengan pengetahuan zat. Kami dari P4GN harus mengetahui bagaimana zat adiktif yang berkembang. Untuk itu kita hadirkan dari farmasi ITB agar paham jenis tersebut untuk mencegah penyalahgunaan dan peredaran," jelasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah .jpg

Berita Kawasan

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah

02 February 2023, 11:33

Baru-baru ini WVI serta DCA menggelar seminar yang didukung pemerintah terkait bagaimana program PHINLA sukses membantu pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.


Comments


Please Login to leave a comment.