Pemkot Bandung Gelar Sidak di 34 Pasar Terkait Peredaran Daging Babi

Berita Kawasan

Pemkot Bandung Gelar Sidak di 34 Pasar Terkait Peredaran Daging Babi

Maraknya peredaran daging babi yang diberi label daging sapi di sejumlah pasar di Kota Bandung membuat resah masyarakat. Terlebih jelang Hari Raya Idul Fitri, di mana permintaan daging sapi di pasaran sedang tinggi.

Untuk menjawab keresahan masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) menggelar inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah pasar yang ada di Bandung. Total ada sebanyak 34 pasar tradisional yang diduga menjual daging babi.

Kepala Dispangtan Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mengatakan, pemeriksaan tersebut dilakukan untuk memastikan pasar-pasar di Kota Bandung bebas dari pengoplosan daging sapi dengan daging babi.

Pemkot Bandung Gelar Sidak di 34 Pasar Terkait Peredaran Daging Babi

Dalam melakukan sidak tersebut, Dispangtan Kota Bandung bekerjasama dengan petugas gabungan dari BPOM, dan Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan uji pada sampel dengan menggunakan test kit dan mini lab. Hasilnya, tidak ada satu pun pedagang yang menjual daging babi di 34 pasar di Bandung.

"Hasilnya hingga pukul 13.00 WIB tidak ditemukan daging celeng," ujar Gin Gin.

Dengan begitu, Gin Gin memastikan bahwa sejumlah pasar di Kota Bandung bebas dari daging babi dan hanya menjual daging sapi segar. Hal itu diperkuat dengan banyaknya rumah potong sapi yang dimiliki pemerintah Kota Bandung.

[Baca Juga: Polisi Ungkap Peredaran Daging Babi Bertuliskan Daging Sapi di Bandung]

"Kami punya rumah potong Arjuna dan Cirangrang, jadi datang ke sini hidup, kemudian dipotong di sini. Fresh," ucapnya.

Meski begitu, Gin Gin pun meminta masyarakat tetap berhati-hati dan teliti saat berbelanja kebutuhan pokok di pasar. Ia pun menjelaskan bahwa dalam kondisi normal secara kasat mata perbedaan daging sapi, babi dan celeng akan sangat terlihat jelas dan mudah dibedakan.

Namun yang terjadi di Bandung, kebanyakan para pedagang menggunakan daging babi yang kemudian dicampur dengan boraks dan dibekukan sehingga warnanya menyerupai daging sapi.

[Baca Juga: Jangan Salah Beli, Ini Cara Bedakan Daging Sapi dan Daging Babi]

Untuk membantu masyarakat membedakan ketiga daging tersebut, Gin Gin merinci perbedaannya. Pertama dari warna dimana daging sapi memiliki warna merah tua dengan serat daging kasar dan rapat. Sementara daging babi memiliki warna fisik berwarna merah pucat dengan serat daging halus dan renggang.

"Jadi kalau ditekan oleh jari, nanti daging sapi itu akan kembali lagi. Lalu, lemak daging sapi tebal dan keras dengan bau khas sapi," tambah Gin Gin.

Ke depannya kata Gin Gin, pihaknya akan melakukan sidak di sejumlah pasar modern Setidaknya ada sekitar enam pasar modern besar yang berada di Kota Bandung yang akan diperiksa.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.