Pemkot Bandung Kembangkan Integrated Farming untuk Lahan Terbatas

Berita Kawasan

Pemkot Bandung Kembangkan Pertanian Terintegrasi untuk Lahan Terbatas

Wali Kota Bandung Oded M. Danial tengah berupaya menghadirkan pertanian terintegrasi (intergrated farming) di Kota Bandung. Hal ini untuk menyiasati lahan pertanian di Kota Bandung yang semakin berkurang. "Ini merupakan program dari Dispangtan (Dinas Pangan dan Pertanian) Kota Bandung, program pertanian terintegrasi. Ada padi, rumput, jagung, pisang, ikan dan segala macam," tuturnya di sela-sela meninjau UPT Pembibitan Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kota Bandung pada Minggu, 20 September 2020.

"Semua pertanian ini terintegrasi. Berasnya dimakan manusia, padinya dikasihkan ke kambing. Jadi tidak ada yang terbuang. Jagungnya digiling jadi pakan ayam dan pohonnya dikasihkan ke domba. Kemudian pohon nangka, mengkudu dan duren itu nanti daunnya dikasihkan ke domba," kata Wali Kota seperti diberitakan humas.bandung.go.id.

Pemkot Bandung Kembangkan Integrated Farming untuk Lahan Terbatas

Tak hanya tanaman, ada juga kolam ikan di UPT Pembibitan Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kota Bandung. "Kemudian ada ikan. Airnya dari ikan itu nanti disalurkan ke sawah. Sehingga sawah bisa terairi," dia menambahkan.

Untuk pupuknya, lanjutnya, menggunakan organik sehingga mampu panen dengan baik dan berkala. "Tidak lagi pakai pupuk urea, cukup organik. Kalau pupuk organik, bisa 8-10 ton. Satu tahun bisa tiga kali panen," ujar Oded.

Wali kota memastikan jika lahan tersebut lebih asri, maka bisa menjadi ekowisata. "Spirit kita membangun ketahanan pangan. Kalau sudah asri dan pemandangannya indah itu lebih bagus lagi. Ke depannya disiapkan menjadi tempat wisata," katanya.

[Baca Juga: Wali Kota Bandung Belum Izinkan Mal Beroperasi]

Sementara itu, Kepala Dispangtan Kota Bandung Gin Gin Ginanjar menyampaikan, lokasi tersebut untuk pembibitan dan pembenihan tanaman pangan. "Ini lokasi UPT Pembibitan Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kota Bandung. Di sini fungsinya melakukan pembibitan dan pembenihan terhadap tanaman pangan dan hortikultura termasuk peternakan," jelasnya dalam kesempatan yang sama.

Gin Gin mengungkapkan, Dispangtan akan mengembangkan pertanian terpadu yang terintegrasi. Hal tersebut karena lahan sawah di Kota Bandung yang terbatas. "Kita coba kembangkan lebih lanjut pertanian terpadu atau terintegrasi. Kita lakukan karena Bandung tidak memiliki sawah, kalau ada pun itu sangat terbatas," jelasnya.

[Baca Juga: Setelah Urban Farming, Wali Kota Gagas Urban Fishing di Semarang]

"Dengan keterbatasan ini, maksimalkan mengoptimalkan fungsi lahan termasuk sumber daya lainnya. Ini lahan pertanian termasuk sawah tidak terairi secara rutin. Di sini kita coba pertanian terpadu sehingga penggunaan air itu lebih terarah," tutur Gin Gin.

Untuk memanfaatkan lahan, lanjutnya, Kota Bandung sedang mengembangkan lahan yakni Buruan Sae. "Pekarangan atau lahan sekitar itu menjadi ketahanan pangan bagi keluarga. Luas dan fungsinya sama jadi ketahanan pangan, sehingga semua bisa termanfaatkan. Sisi kebutuhan bisa terpenuhi, sisi ekonomi ada nilai tambah," pungkas Gin Gin.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.