Pemkot Bandung Luncurkan Aplikasi Layanan Digital ‘Sadayana’.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Bandung Luncurkan Aplikasi Layanan Digital ‘Sadayana’

Pemerintah Kota Bandung memiliki sebuah aplikasi yang tergabung dalam Bandung Smart City dengan nama ‘Sadayana’. Aplikasi tersebut mengintegrasikan semua layanan digital dan menjadi pelayanan satu pintu untuk mengakses beragam layanan online oleh semua Organisasi Perangkat Daerah Pemkot Bandung.

Plt. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan pengintegrasian layanan digital ini dibuat sebagai upaya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Kota Bandung. Sehingga, masyarakat dapat terlayani satu pintu melalui Sadayana.

"Mengintegrasikan aplikasi-aplikasi yang selama ini dikembangkan dinas-dinas, sehingga memudahkan warga mengakses aplikasi yang ada di Pemerintah Kota Bandung," ucap Yana usai peluncuran Sadayana di Trans Luxury Hotel Bandung, Jumat, (17/12), dikutip dari humas.bandung.go.id (18/12/2021.

[Baca Juga: Wali Kota Bandung Resmi Luncurkan Aplikasi Gemar Kiblat]

Di masa pandemi COVID-19 ini pemanfaatan digital menjadi media utama dalam memberikan layanan. Sehingga, konsep layanan smartcity tidak hanya berkenaan teknologi informasi, namun sekaligus menjadi upaya untuk menekan penyebaran virus dengan meminimalisir interaksi fisik.

"Di masa pandemi ini, betul-betul mengurangi interaksi penerima dengan pemberi pelayanan. Sehingga potensi penularan semakin dikurangi," ujarnya.

Adapun, cara mengakses aplikasi layanan ‘Sadayana’ ini, Anda hanya perlu mengaksesnya melalui laman smartcity.bandung.go.id dan sudah tersedia versi mobile. Yana berharap, layanan ‘Sadayana’ dapat mampu mendiskusikan segala persoalan di masyarakat.

"Pemanfaatan Sadayana diharapkan mampu mendiskusikan beberapa hal yang selama ini menjadi persoalan di masyarakat," kata Yana.

[Baca Juga: Pasar Tradisional di Bandung Bakal Terapkan Aplikasi PeduliLindungi]

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana menyatakan, meski aplikasi layanan ‘Sadayana’ baru diluncurkan hari ini, namun layanan digital tersebut sudah berjalan lebih dulu. Sehingga sudah mulai merespon kebutuhan masyarakat.

Di dalam aplikasi layanan digital ‘Sadayana’ semua aplikasi tersedia, mulai dari 112, pengaduan, chat board, dan masih banyak pelayanan lainnya. "Semua aplikasi ada di sana (Sadayana). Seperti 112, pengaduan, dan ada juga chat board. Sudah ada sekitar 5.000 yang menunduh versi mobile," kata Yayan.

Dalam peluncuran layanan digital ‘Sadayana’, Diskominfo juga meluncurkan logo baru Humas Kota Bandung. Logo baru tersebut merupakan hasil sayembara. Ada sebanyak 153 logo yang mengikuti sayembara.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.