Minyak Jelantah

Properti dan Solusi

Pemkot Bandung Tampung Jelantah Rumah Tangga Jadi Uang

Saat ini, mereka yang biasa bergelut di dapur, khususnya para ibu rumah tangga, tidak perlu bingung apabila memiliki minyak goreng bekas atau jelantah. Karena Pemerintah Kota Bandung bekerja sama dengan Bank Sampah Resik PD Kebersihan, akan menampung jelantah rumah tangga melalui program Beli Jelantah.

Dengan program Beli Jelantah ini, nantinya masyarakat Kota Bandung bisa mendapatkan uang, karena untuk satu kilogram jelantah akan dihargai sekitar Rp3.000.

Menurut Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, program Beli Jelantah ini dilakukan sebagai upaya dalam mengurangi persoalan lingkungan akibat jelantah yang kerap dibuang sembarangan. Bahkan, dampaknya justru bukan hanya pencemaran saja, namun bisa menyebabkan penyumbatan drainase lantaran jelantah yang membeku.

Pemkot Bandung Tampung Jelantah Rumah Tangga Jadi Uang

"Jelantah tidak diolah lagi oleh kita, kalau dibiarkan akan sangat mengganggu. Oleh karenanya, saya harap ini bisa terus berjalan," ucap Oded saat peluncuran program Betah (Beli Jelantah) di Pendopo Kota Bandung, Sabtu, (25/9), dikutip dari humas.bandung.go.id (26/9/2021).

Oded meminta seluruh jajaran terkait untuk lebih aktif membangun kerja sama terkait program Betah. Sehingga kelestarian lingkungan tetap diupayakan maksimal. Sekaligus memberikan peluang bagi masyarakat untuk dapat penghasilan tambahan.

Lebih lanjut Direktur Utama PD. Kebersihan, Gun Gun Saptari Hidayat mengatakan, jelantah menjadi item baru yang dikomodir oleh Bank Sampah Resik. Walaupun sebelumnya, pihaknya sudah lebih dulu mengadakan pelatihan kepada masyatakat mengenai pengolahan jelantah ini. "Untuk sementara saat ini yang menyetorkan 1 kilo ke Bank Sampah Resik bisa jadi Rp3.000. Nanti bisa dicatat dalam bentuk tabungan atau bisa ditukar emas mini," ucap Gun Gun.

[#R]

Sementara itu, Ketua Harian Akar Jawa Barat, Gan Bonddillie mengungkapkan, selama ini jelantah yang terkumpul diekspor. Sebagian besarnya ke wilayah benua Eropa. Hal ini sebagai cara untuk melawan penampung nakal yang malah kembali mendaur ulang jelantah menjadi minyak goreng.

Meski begitu, Bon Bon sudah berkomunikasi dengan PT. Pertamina untuk menyelenggarakan pelatihan mengolah jelantah menjadi biodisel. Hal ini seiring bertambahnya daya tampung pasca menjalin kerjasama dengan Pemkot Bandung.

Bagi warga yang berminat menjual jelantahnya bisa datang langsung ke Bank Sampah Resik PD Kebersihan Jalan Babakan Sari 1 No. 64, Babakan Sari, Kec. Kiaracondong Kota Bandung.


Read More

Artikel Lainnya

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.

rshOK2.jpg

Berita Kawasan

Pertama di Semarang! Bonbin Mangkang Akan Miliki Rumah Sakit Hewan

26 October 2021, 14:02

Rumah Sakit Hewan yang akan dibangun ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di Kota Semarang karena belum pernah ada rumah sakit hewan di kota Atlas ini sebelumnya.


Comments


Please Login to leave a comment.