Pemkot Bandung Lakukan Vaksinasi Saat Ramadan 2.jpg

Kesehatan

Pemkot Bandung Tetap Lakukan Vaksinasi Saat Ramadan

Menjelang Ramadan, Pemerintah Kota Bandung tetap melakukan vaksinasi COVID-19 bagi petugas pelayan publik dan Lansia. Hal ini dilakukan agar pemberian vaksin dapat mencapai target dan kekebalan kelompok segera terbentuk. Setiap harinya tak kurang dari 180 fasilitas kesehatan melaksanakan vaksinasi. Seperti yang dilaksanakan di Klinik Prima Husada, Jl. Gatot Subroto, Kota Bandung.

Yana Mulyana selaku Wakil Wali Kota Bandung menyatakan bahwa, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dilakukan dengan kolaborasi dari berbagai pihak. "Mudah-mudahan dengan semakin banyak fasilitas kesehatan berikut vaksinatornya, target pencapaian pelaksana vaksin di Kota Bandung semakin cepat," tutur Yana usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di Klinik Prima Husada, Senin (05/04/2021), dikutip dari laman resmi humasbandung.go.id.

Sebanyak 50 orang lansia telah melakukan vaksinasi dosis pertama hari itu. Mereka merupakan lansia yang namanya telah terdaftar di Dinas Kesehatan Kota Bandung.

Pemkot Bandung Lakukan Vaksinasi Saat Ramadan.jpg

Selama ketersediaan vaksin masih ada, Pemkot Bandung akan terus melaksanakan penyuntikkan vaksin. Untuk itu, wakil walikota Bandung mengimbau kepada masyarakat Bandung yang sudah mendapat jadwal vaksinasi, harap bisa mengikutinya. Beliau juga mengatakan untuk tidak khawatir tentang penyuntikkan vaksin, karena tidak akan membatalkan puasa.

MUI telah mengeluarkan fatwa No. 13 Tahun 2021 tentang hukum vaksinasi COVID-19 saat berpuasa. Isi fatwa MUI tersebut yaitu vaksinasi COVID-19 yang dilakukan dengan injeksi intramuscular tidak membatalkan puasa dan Pemerintah dapat melakukan vaksinasi COVID-19 pada saat bulan Ramadan untuk mencegah penularan wabah Covid-19 dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang berpuasa.

[Baca Juga: Dinkes Kota Bandung Gelar Swab Test Selama Seminggu. Cek Lokasinya!!]

"Semakin banyak orang yang divaksin, katakanlah 70 persen saja itu bisa membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok yang akan melindungi orang yang tidak bisa divaksin karena berbagai hal, seperti penyakit bawaan," imbuhnya.

Rosye Arosdiani selaku Kepala bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Bandung menyatakan hingga Minggu (04/04/2021) sebanyak 74.451 orang Lansia di Kota Bandung telah menerima suntikan vaksin CCOVID-19. "Lansia baru mencapai 24,36 persen dari total sasaran 305.666. Sementara petugas pelayan publik sudah 68,2 persen atau 98.497 orang dari jumlah sasaran 144.416 orang," terangnya.

Beliau juga menyatakan untuk pelaksanaan vaksinasi di bulan Ramadan tidak ada perbedaan, akan tetap dilaksanakan vaksinasi sesuai dengan bulan-bulan biasanya.


Read More

Artikel Lainnya

UTBK di ITB Capai 23.705 Orang 3.jpg

Pendidikan

Sebanyak 23.705 Orang Ikuti UTBK di Institut Teknologi Bandung

15 April 2021, 09:00

Pelaksanaan UTBK di ITB terdapat di beberapa lokasi, yakni di Kampus ITB dan di sejumlah sekolah menengah

pusdai3.jpg

Berita Kawasan

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Menurun, Masjid Pusdai Bandung Gelar Salat Tarawih Berjamaah

15 April 2021, 08:30

Kota Bandung menunjukan grafik menurun, sehingga beberapa Masjid besar di Kota Bandung sudah diizinkan untuk melakukan salat tarawih berjamaah.

Vaksinasi UPi 3.jpg

Kesehatan

Universitas Pendidikan Indonesia Lakukan Vaksinasi untuk Ribuan Dosen dan Tenaga Kependidikan

15 April 2021, 08:00

Sebanyak 2.000 Dosen dan Tenaga Kependidikan melakukan vaksinasi di Gymnasium UPI pada 5-7 April kemarin. Vaksinasi kali ini mayoritas diperuntukan bagi dosen dan tenaga pendidikan UPI yang berusia di bawah 60 tahun.

Dekan Psikologi Undip

Pendidikan

Prof. Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Prodi Terfavorit UNDIP

14 April 2021, 06:30

Prodi paling Favorit yang banyak diminati calon mahasiswa pada SBMPTN tahun 2021 di Universitas Diponegoro adalah Prodi Psikologi. Prodi ini memiliki peminat mencapai 3.538 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.