Pemkot Bandung Tak Segan Tutup Paksa Toko yang Langgar Aturan PSBB

Berita Kawasan

Pemkot Bandung Tidak Segan Tutup Paksa Toko yang Langgar PSBB

Jumlah pelanggaran terkait kebijakan Pemberlakuan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Bandung masih tergolong tinggi. Hal itu membuat Wali Kota Bandung Oded M Danial terus mengevaluasi kebijakan PSBB yang telah berlangsung hampir satu pekan.

Salah satu yang dilakukan adalah mendisiplinkan para warganya. Bahkan, Oded pun tak segan untuk membubarkan secara paksa jika ada kerumunan warga di wilayahnya.

"Kerumunan masih ada, saya sudah minta kepada gugus tugas di lapangan, kalau kerumunan-kerumunan yang betul-betul kerumunan maka itu harus sudah ditindak, artinya dibubarkanlah," dia mengucapkan.

[Baca Juga: Kurang Maksimal, PSBB di Kota Bandung Semakin Diperketat]

Sementara baru-baru ini, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung juga telah menutup paksa sejumlah toko dan tempat usaha yang melanggar aturan PSBB. Menurut Kepala Satpol PP Kota Bandung, Rasdian Setiadi, setidaknya ada 20 toko dan tempat usaha yang ditutup berdasarkan laporan dari masyarakat sekitar. Kebanyakan toko tersebut ditutup paksa akibat melanggar aturan jam operasional.

"Setiap hari kita (dapat) laporan, semalam saja kurang lebih 20 dari yang dikecualikan kita tutup. Ini merupakan tidak lanjut atas pengaduan dari masyarakat juga," ujar Rasdian dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (27/4/2020).

Pemkot Bandung Tak Segan Tutup Paksa Toko yang Langgar Aturan PSBB

Untuk diketahui, berdasarkan Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 16 Tahun 2020 tentang PSBB, seluruh toko dan lokasi usaha wajib tutup, kecuali toko bahan pokok, apotek, penatu dan rumah makan atau restoran dengan syarat dibawa pulang.

Selain itu, jam operasional toko modern berlaku mulai pukul 10.00 sampai 20.00 WIB. Sedangkan pasar rakyat dengan waktu operasional yaitu pukul 04.00-12.00 WIB.

[Baca Juga: PSBB Bandung Raya Dimulai, Bawa Ini Saat Terpaksa ke Luar Rumah!]

"Kita dibantu dengan Gugus Tugas Kecamatan masih memantau ada beberapa toko dan retail yang melebihi jam operasional. Kita langsung tutup dengan penempelan stiker berupa penutupan operasional hingga 5 Mei 2020," kata Rasdian.

Untuk diketahui, sampai 28 April 2020 pukul 06.00 WIB, data dari website resmi Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Provinsi Jawa Barat pikobar.jabarprov.go.id mencatat bahwa Kota Bandung masih menjadi daerah dengan jumlah kematian terbanyak di Jawa Barat akibat COVID-19. Dari 139 yang dinyatakan positif COVID-19, sebanyak 25 orang telah meninggal dunia, sedangkan 17 orang dinyatakan sembuh.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2¬†years lalu
    suki

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di dupa88 <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>